Hasil belajar yang diperoleh akan membantu seorang pendidik dalam menentukan tindak lanjut yang harus dilakukan. Mengadakan pengayaan apabila hasil belajar baik dan melaksanakan remedial apabila hasil belajar kurang baik. Guru harus menyiapkan rubrik penilaian terlebih dahulu sebelum melaksanakan penilaian.
1. Contoh Rubrik Penilaian Keterampilan (Psikomotor)
Penilaian keterampilan (psikomotor) dapat dilakukan dengan cara mengamati atau mengobservasi siswa saat kerja atau praktik. Praktik yang dimaksud yaitu meminta siswa mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilannya dalam situasi sesungguhnya.
Keterangan:B = Baik,
C = Cukup,
K = Kurang
2. Contoh Rubrik Penilaian Sikap (Afektif)
Penilaian sikap (afektif) dapat dilakukan dengan cara mengamati tingkah laku peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Sikap yang biasanya dinilai adalah sikap spiritual dan sikap sosial. Masing-masing sikap tersebut dapat dijabarkan.
Keterangan:
SB = Sangat baik,
B = Baik,
C = Cukup,
K = Kurang
3. Contoh Rubrik Penilaian Pengetahuan (Kognitif)
Penilaian pengetahuan (kognitif) dapat dilakukan dengan cara tes tulis, tes lisan, dan penugasan. Tes tulis terdiri atas pilihan ganda, isian, benar-salah, uraian dan menjodohkan. Tes lisan berupa pertanyaan yang diberikan secara lisan, sedangkan penugasan berupa pekerjaan rumah
Instrumen Penilaian :
Berupa soal :
Jawablah pertanyaan ini dengan jawaban yang benar!
Uraikanlah faktor-faktor yang menyebabkan perubahan benda!
Bagaimana cara untuk mencegah proses pelapukan?
Bagaimana cara untuk mencegah proses pembusukan?
Kunci Jawaban
Pemanasan, pelapukan, perkaratan dan pembusukan
Menggunakan cat dan pernis
Dengan pengeringan, pengasinan, pemanisan, pengasapan, dan pengalengan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar