Total Tayangan Halaman

Rabu, 24 Februari 2016

1001 Ebook Islami Free Download di sini entang Hadits, mu'amalah, siyasah, politik, akhlak, ibadah, Ikhlas Memurnikan Niat, Tokoh Islam Umar Bin Khattab, Nasehat Pernikahan, Bacaan anak muslim, Keruntuhan Teori Evolusi dll

Berikut ini adalah berbagai judul buku islami dapat di download secara gratis sebagai wahana wisata ilmu keislaman dan dapat pula dijadikan referensi menulis tentang Hadits, mu'amalah, siyasah, politik, akhlak, ibadah, Ikhlas Memurnikan Niat, Tokoh Islam Umar Bin Khattab, Nasehat Pernikahan, Bacaan anak muslim, Keruntuhan Teori Evolusi
Silsilah Hadits Dhaif dan Maudhu’ Jilid I dan Jilid II
Oleh Muhaddits Nashiruddin Al-Albani Download Jilid IDownload Jilid II
Terjemah Hadits Arbain An-Nawawiyah Download
Jual Beli yang Dilarang dalam Islam oleh Syaikh Dr. Shalih bin Fauzan Al-FauzanDownload
Tafsir Kalimat Tauhid Syaikh Rabi bin Hadi Download

Problem and Solution (Shakwaa wa Hulul) • Syaikh Muhammad Shalih al-MunajjidDownload

Saudariku, Aku Menggugah Rasa Malumu, Tidakkah Kau Ingin Menjawabnya ?Download

Panduan Durusul Lughah al-Arabiyyah jilid 1 Download Jilid 2 Download
  1. Durusul Lughah jilid 1
  2. Kunci Jawaban Durusul Lughah jilid 1
  1. Durusul Lughah 2
  2. Kunci Jawaban Durusul Lughah 2
  1. Panduan Durusul Lughah al-Arabiyyah 3
  2. Kitab Durusul Lughah al-Arabiyyah 3
  3. Kunci Jawaban Latihan Durusul Lughah al-Arabiyyah 3 & 4
  4. Lihat eBook  Sumber : alqiyamah

Metode syetan dalam menyesatkan Manusia Download

100 Pesan Nabi untuk Wanita Salihah oleh Syaikh Badwi Mahmoud Download

Abu Bakar As-Siddiq oleh M. Husain Haekal Download

Umar Bin Khattab oleh Muhammad Husain Haekal Download

Ikhlas – Memurnikan Niat, Meraih Rahmat oleh Dr. Umar Sulaiman al-AsyqarDownload

Air Mata Cinta Pembersih Dosa oleh Ibn Al Jawzi Download
Ebook Download Novel Islam : Moga Bunda Disayang Allah by Tere Liye (Pengarang Hafalan Shalat Delisa) Download
_________________________________________________________________
Menggapai Surga Tertinggi Dengan Akhlak Mulia bag1 download dan bag2download

Mengapa Islam Membenci Syirik (Syaikh Fauzan)” download

Amar Ma’ruf Nahi Munkar download

Siapakah Muhammad bin Abdul Wahhab? download

Nasehat Pernikahan download

Multi Level Marketing download

Siapakah Wahhabi? download

HAdits2 Palsu Tentang Keutamaan Shalat dan Puasa di Bulan Rajab download

Kedudukan Hadits Tujuhpuluh dua Golongan Umat Islam download

Asas Kebangkitan Dunia Islam (syeikh Nashiruddin Al Albani) download

Sifat-sifat Khowarij download

Permasalahan azab kubur (syeikh Sholeh Al Utsaimin) download

Buku bacaan anak Muslim>>Makan Bersamaku yuk! download
Sebab-sebab Kehancuran (syeikh Yahya Al Hajuri)  download
Bacaan anak muslim>> Kisah-kisah Tentang ka’bah>>>    download
Bacaan anak muslim Cinta Kepada Allah >>>download

Bacaan anak muslim Cinta dan Murka Allah.>>> download
tafsir-imam-syafii-1
Imam Syafi’i – Tafsir al-Imam asy-Syafi’i, Jilid 1 (al-Fatihah s/d Ali Imran)[download]
syarhus-sunnah
Abu Muhammad al-Barbahary – Syarhus Sunnah [1 MB | download]
aqidah-thahawiyah1
Abu Ja’far ath-Thahawi – al-Aqidah ath-Thahawiyah [71 KB | download | mirror]
sejarah-terbunuhnya-utsman
al-Qadhi Abu Ya’la – Meluruskan Sejarah Tragedi Terbunuhnya Utsman bin Affan [1.2 MB | download | mirror]
Imam Nawawi – Keutamaan Membaca & Mengaji al-Qur’an {at-Tibyan fil Adabi Hamalatil Qur’an} [425 KB | Download]
riyadhus-shalihin
Imam Nawawi – Riyadhus Shalihin – Jilid 1 [1.4 MB | download], Jilid 2 [1.9 MB | download]
syarh-shahih-muslim1
Imam Nawawi – Syarah Shahih Muslim [download]
al-izz-jihad-sepanjang-zaman
al-Izz bin Abdussalam – Jihad Sepanjang Zaman (baca disini)
syarah-arbain
Ibnu Daqiqil ‘Ied – Syarah Hadits Arba’in an-Nawawi [175 KB | download]
bahaya-mengekor-non-muslim
Ibnu Taimiyah – Bahaya Mengekor Non-Muslim {Iqtidha’ ash-Shirathal Mustaqim} [543 KB | download | mirror]
baik-dan-buruk
Ibnu Taimiyah – Baik dan Buruk {al-Hasanah wa al-Sayyiah} [baca disini]
doa-dan-zikir-nabawi1
Ibnu Taimiyah – Do’a dan Dzikir Nabawi [8.2 MB | download]
Ibnu Taimiyah – Etika Amar Ma’ruf Nahi Munkar [Baca Disini]
hijab-muslimah-dalam-shalat
Ibnu Taimiyah – Hijab Muslimah dalam Shalat [download]
Ibnu Taimiyah – Kaidah Ahlu Sunnah wal Jama’ah [3.6 MB | download]
Ibnu Taimiyah – Risalah Bai’at [6.3 MB | download]
al-kabair
Imam adz-Dzahabi – Dosa-dosa Besar {al-Kabaair} [17 MB | download]
zaadul-maad1
Ibnul Qayyim – Bekal Menuju Akhirat {Zaadul Ma’ad} [23.4 MB | download]
jangan-dekati-zina1
Ibnul Qayyim – Jangan Dekati Zina [542 KB | download]
kunci-kebahagiaan1
Ibnul Qayyim – Kunci Kebahagiaan {Miftahu Dar as-Sa’adah} [2.8 MB |download | mirror]
menyelamatkan-hati-dari-tipu-daya-setan
Ibnul Qayyim – Manajemen Qalbu, Menyelamatkan Hati dari Tipu Daya Setan {Mawaridul Aman al-Muntaqa min Ighasatul Lahfan min Mashayidisy Syaithan}[2.6 MB | download | mirror], Jilid 1 [6 MB | download]
panduan-hukum-islam
Ibnul Qayyim – Panduan Hukum-hukum Islam {I’lamul Muwaqqiin} [48.5 MB |download]
noktah-hitam-senandung-setan1
Ibnul Qayyim – Noktah-Noktah Hitam Senandung Setan [24.8 MB | download]
madarijus-salikin1
Ibnul Qayyim – Pendakian Menuju Allah {Madarijus Salikin} [26 MB | download]
ibnu-qayyim-al-jauziyyah-qadha-qadar1
Ibnul Qayyim – Qadha & Qadar [39.3 MB | download]
tafsir-ibnu-qayyim
Ibnul Qayyim al-Jauziyyah – Tafsir Ibnu Qayyim (Ayat-ayat Pilihan), bag. 1 [44 MB | download], bag 2 [41 MB | download]
tamasya ke syurga
Ibnul Qayyim al-Jauziyyah – Tamasya Ke Syurga {Hadi al-Arwah Ila Bilad al-Afrah} [5.7 MB | download]
al-bidayah-wa-al-nihayah
Ibnu Katsir – al-Bidayah wa Nihayah – bab Khulafaur Rasyidin [42.2 MB |downloadmirror
tafsir-ibnu-katsir
Ibnu Katsir – Tafsir Ibnu Katsir {Tafsir al-Qur’anul ‘Azhim},lengkap 30 juzdownload
bulughul-maram
Ibnu Hajar al-Asqalani – Bulughul Maram  Versi Lengkap [1 MB | download]
fathul-baari
Ibnu Hajar al-Asqalani – Fathul Baari, Syarah Shahih Bukhari –
Jilid 1  download], mirror
Jilid 2download],
Jilid 3 download],
Jilid 4download],
Jilid 5download],
Jilid 6| download],
Jilid 7download],
Jilid 8download],
al-itisham1
Imam asy-Syathibi – al-I’tisham [4.3 MB | downloadmirror
ringkasan shahih bukhari az-zabidi
Zainuddin az-Zabidi – Ringkasan Shahih Bukhari {Mukhtashar Shahih Bukhari}[baca]
tafsir-jalalain
Jalaluddin al-Mahalli & Jalaluddin as-Suyuthi – Tafsir Jalalain [1.48 MB |download | mirror]
sebab turunnya ayat al-quran
Jalaluddin as-Suyuthi – Asbabun Nuzul, Sebab-sebab Turunnya Ayat-ayat al-Quran {Lubaabun Nuquul fii Asbaabin Nuzuul} [baca]
kitabut-tauhid
Muhammad bin Abdul Wahhab – Kitab at-Tauhid [492 KB | download | mirror]
kasyf-syubuhat
Muhammad bin Abdul Wahhab – Menyingkap Kebathilan Penentang Tauhid {Kasyfusy Syubuhat} [3.6 MB | download]
3-landasan
Muhammad bin Abdul Wahhab – Tiga Landasan Utama {Ushul Tsalasa} [2.2 MB | download]
keabadian-neraka
Muhammad bin Ismail ash-Shan’ani – Perbedaan Ulama Salaf & Khalaf Tentang Keabadian Neraka [10.4 MB | download]
ringkasan-minhajus-sunnah
Abdurrahman bin Hasan – Ringkasan Minhajus Sunnah {Mulakhkhas Minhajus Sunnah} [12.3 MB | download | mirror]
Mahmud Syukri al-Alusi – al-Qur’an dan Astronomi [2.4 MB | download.
sorotan-total-ulama-salaf
Abdul Aziz bin Muhammad as-Sadhan – Sorotan Total Ulama Salaf {Kutubun, Akhbarun, Rijalun, Ahaadits Tahtal Mihjar} [8.2 MB | download]
salah-paham-masalah-jilbab
Abdul Hamid al-Bilaly – Saudariku, Apa yang Menghalangimu Untuk Berjilbab[download]
Abdul Qadir bin Abdul Aziz – al-Umdah fi I’dadil ‘Uddah lil Jihad fi Sabilillah,I’daad & ‘Adaalah [123 KB | download],
Jihad Melawan Penguasa [208 KB | download],
Panduan Fikih Jihad (bab Ma’alim Asasiyah) [994 KB | download]
melacak-jejak-thaghut
Abdul Qadir bin Abdul Aziz – Kelengkapan dalam Menuntut Ilmu Syar’i {al-Jami’ fi Thalabil ‘Ilmi asy-Syarif}Adab-adab Alim dan Muta’alim [download], Kafir Tanpa Sadar (bab Iman & Kufur) [1.2 MB | download],
Melacak Jejak Thagut [813 KB | download],
Hukum Pemilu, demokrasi, dan Parlemen [download], Hukum-hukum yang Berkaitan dengan Negara [364 KB | download],
Hukum-hukum yang Berkaitan dengan Ahlu Dzimmah [128 KB | download],
Wajib Berhukum Kepada Syari’at [233 KB | download]
Abdul Qadir bin Abdul Aziz – Mendudukkan Aqidah dan Jihad [250 KB |download | mirror]
Abdul Qadir bin Abdul Aziz – Terorisme Dalam Timbangan Islam [402 KB |download]
Abdullah Azzam – Adzkar Mujahidin [522 KB | download | mirror]
Abdullah Azzam – an-Nihayah wal Khulashah [522 KB | download | mirror]

Abdullah bin Abdurrahman al-Jibrin – Malapetaka Akhir Zaman [download]
pintu-pintu-pahala-terbuka-bagi-anda
Abdur Rahman al-Jami’ – Pintu-pintu Pahala dan Penghapus Dosa [download]
harakah-jihad-ibnu-taimiyah
Abdurrahman bin Abdul Khaliq – Harakah Jihad Ibnu Taimiyah {Masyuiyyah al-Jihad al-Jama’i & Ibnu Taimiyah wal Amal al-Jama’i} [baca]

Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di – Meraih Hidup Bahagia { al-Wasail al-Mufidah lil-Hayati as-Saidah} [2.2 MB | download]
misteri-yajuj-majuj
Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di – Misteri Ya’juj dan Ma’juj [1.2 MB | download]
virus-virus-ukhuwah
Abu ‘Ashim Hisyam bin Abdul Qadir Uqdah – Virus-virus Ukhuwah [1 MB |downloaddownload]
tiada khilafah tanpa tauhid dan jihad
Abu Bashir at-Tartushi – Tiada Khilafah Tanpa Tauhid dan Jihad {ath-Thoriq ilaa Istinafi Hayatin Islamiyyah wa Qiyami Khilafatin Rasyidah ‘Ala Dlaail Kitab wa Sunnah} [567 KB | download | mirror]  download]
Abu Isra’ al-Asyuthi – Khawarij Gaya Baru [765 KB | download]
agama-demokrasi
Abu Muhammad ‘Ashim al-Maqdisy – Agama Demokrasi {ad-Dimuqratiyah Dinun} [617 KB | | mirror]
Abu Muhammad ‘Ashim al-Maqdisy – Dialog Tentara Tauhid dan Tentara Syirik[download]
Abu Muhammad ‘Ashim al-Maqdisy – Kepada Mereka yang Buron dan Tertawan {La Tahzan Innallaha Ma’ana} [298 KB | download]
Abu Muhammad ‘Ashim al-Maqdisy – Menyingkap Kerancuan Berpikir Murji’ah Kontemporer [1 MB | download]
Abu Muhammad ‘Ashim al-Maqdisy – Mewaspadai Sikap Ekstrim dalam Takfir Bag 1 Download Bag 2 Download Bag 3 Download bag 4 [download]
millah-ibrahim
Abu Muhammad ‘Ashim al-Maqdisy – Millah Ibrahim [1.3 MB | download | mirror]
Abu Mush’ab al-Zarqawi – Joint With A Caravant {Ilhaq Bil Kafilah} [472 KB |download]
Abu Qatadah al-Filisthini – Ma’alim ath-Thaifah al-Manshurah [315 KB | download]
Abul A’la al-Maududi – 4 Istilah dalam al-Qur’an [587 KB | download]
Abul A’la al-Maududi – Asas-asas Akhlak bagi Harakah Islamiah [399 KB |download]
Abul A’la al-Maududi – Cara Hidup Islam [230 KB | download]
Abul A’la al-Maududi – Dasar-dasar Islam [762 KB | download]
Abul A’la al-Maududi – Islam & Jahiliyyah [115 KB | download | mirror]
Abul A’la al-Maududi – Peranan Pelajar [154 KB | download | mirror]
Abul A’la al-Maududi – Proses Revolusi Islam [250 KB | download]
Abul A’la al-Maududi – Syahadatul Haq [183 KB | download]
Abul A’la al-Maududi – Tanggungjawab Pemuda Islam Hari Ini [190 KB |download | mirror]
the-choice
Ahmad Deedat – The Choice, Islam and Christianity [264 KB | download |mirror]
la-tahzan
Aidh al-Qarni – Jangan Bersedih {La Tahzan} [920 KB | download | mirror]
Fathi Yakan – Bagaimana Menyeru Kepada Islam [download]
Fathi Yakan – Apa Artinya Saya Menganut Islam [802 KB | download]
Fathi Yakan – Rintangan Perjuangan Pendakwah [575 KB | download]
Fathi Yakan – Generasi Muda dan Perubahan [841 KB | download]
Fathi Yakan – Ke Arah Kesatuan Gerakan Islam [309 KB | download]
yajuj-majuj-cina
Hamdi bin Hamzah Abu Zaid – Munculnya Ya’juj & Ma’juj di Asia (baca)
Hasan al-Banna – al-Ma’tsurat [5.2 MB | download]
Hasan al-Banna – Antara Semalam dan Hari Ini [332 KB | download]
Hasan al-Banna – Detik-detik Hidupku [download]
risalah-pergerakan
Hasan al-Banna – Himpunan Risalah Pergerakan Ikhwanul Muslimin {Majmu’atur Rasail} [1.7 MB | download]
Hasan al-Banna – Usrah dan Dakwah [438 KB | download]
Ibnu Qudamah An-Najdi – Jawaban Seputar Masalah-masalah Jihad {Kasyful Litsam ‘an Dzirwati Sanamil Islam} [951 KB | download]
Jasim Muhalhil – Ikhwanul Muslimin, Deskripsi, Jawaban Tuduhan, dan Harapan [353 KB | download]
Muhammad Ahmad al-Rasyid – al-Muntalaq [761 KB | download]
Muhammad bin Shalih al-Utsaimin – Darah Kebiasaan Wanita [392 KB |download]
Muhammad bin Shalih al-Utsaimin – Hak-Hak yang Sesuai dengan Fitrah dan Dikuatkan oleh Syari’at [299 KB | download]
Muhammad bin Shalih al-Utsaimin – Prinsip Ilmu Ushul Fiqih {al-Ushul min ‘Ilmil Ushul} [739 KB | download]
Muhammad bin Shalih al-Utsaimin – Qadha dan Qadar [1.3 MB | download]
dosa-dosa-yang-dianggap-biasa
Muhammad bin Shalih al-Munajjid – Dosa-dosa yang Dianggap Biasa [2.6 MB |download]
Muhammad Jamil Zainu – Bimbingan Islam Untuk Pribadi dan Masyarakat[download]
the-history-of-the-quranic-text
Muhammad Mustafa al-A’zami – Sejarah Teks al-Quran [2.3 MB | download]
Muhammad Qutb – Salah Paham Terhadap Islam [604 KB | download]
Mustafa Masyhur – Dakwah Fardiah [164 KB | download]
Mustafa Masyhur – Jalan Dakwah [488 KB | download]
cincin-pinangan
Nashiruddin al-Albani – Cincin Pinangan {Adab az-Zafaf fi as-Sunnah al-Muthahharah} [2.1 MB | download]
hadits-landasan-hukum
Nashiruddin al-Albani – Hadits Sebagai Landasan Aqidah dan Hukum[download]
haji-nabi
Nashiruddin al-Albani – Haji Nabi [7 MB | download]
ringkasan-shahih-bukhari
Nashiruddin al-Albani – Mukhtashar Shahih Bukhari – Jilid 1 [11 MB | download],Jilid 2 [11.4 MB | download], Jilid 3 [22.2 MB | download], Jilid 4 [19.5 MB |download], Jilid 5 [24.5 MB | download],
nabi-isa-vs-dajjal
Nashiruddin al-Albani – Nabi Isa ‘alaihis Salam vs al-Masih ad-Dajjal [14.5 MB |download]
shalat-jumat
Nashiruddin al-Albani – Pertanyaan Seputar Shalat Jum’at [4.6 MB | download]
risalah-ilmiah
Nashiruddin al-Albani – Risalah Ilmiah [10.4 MB | download]
Nashiruddin al-Albani – Shahih al-Adab al-Mufrad li al-Bukhari – [1.58 MB |download]
shahih-al-jami-ash-shaghir
Nashiruddin al-Albani – Shahih al-Jami’ ash-Shaghir li as-Suyuthi – Jilid 1 [29 MB | download]
shahih-targhib-wa-tarhib
Nashiruddin al-Albani – Shahih at-Targhib wa at-Tarhib li al-Mundziri – Jilid 1 [21.3 MB | download]
shahih-sunan-ibnu-majah
Nashiruddin al-Albani – Shahih Sunan Ibnu Majah, Jilid 1 [download], Jilid 2 [7.8 MB | download]
sifat-shalat-nabi
Nashiruddin al-Albani – Sifat Shalat Nabi [126 KB | download | mirror]
silsilah-dhaif-maudhu
Nashiruddin al-Albani – Silsilah al-Ahadits adh-Dhaifah [download]
silsilah-hadits-shahih
Nashiruddin al-Albani – Silsilah al-Ahadits ash-Shahihah – Jilid 2 [18 MB |download]
Nashiruddin al-Albani – Tamamul Minnah fi Ta’liq ‘ala Fiqhus Sunnah – Jilid 1[10.9 MB | download], Jilid 2 [9.4 MB | download]
Nashiruddin al-Albani – Tanya Jawab Memahami Isi al-Qur’an [821 KB |download]
ahkamul-janaiz
Nashiruddin al-Albani – Tuntunan Lengkap Mengurus Jenazah {Ahkamul Janaiz}[26 MB | download]
Sa’id bin Ali bin Wahf al-Qahthani – Kumpulan Do’a dalam al-Qur’an & Sunnah {Hisnul Muslim} [1 MB | download | mirror]
Sa’id bin Ali bin Wahf al-Qahthani – Syarah Aqidah al-Wasithiyah [68 KB |download | mirror]
Sa’id Ramadhan al-Buti – Fiqh Sirah – Jilid 1 [879 KB | download]
sirah-nabawiyah-al-buthi
Sa’id Ramadhan al-Buti – Sirah Nabawiyah [download]
belitan-amerika-di-tanah-suci
Safar al-Hawali – Membongkar Strategi AS Menguasai Timur Tengah {Wa’du Kissinger} download
sirah-nabawiyah-mubarakfury
Safiyurrahman al-Mubarakfury – Sirah Nabawiyah {al-Rahiq al-Makhtum} [1.5 MB | download]
Salim bin ‘Ied al-Hilaly – Sifat Shaum Nabi [394 KB | download]
wasiat-ulama-terdahulu
Salim bin ‘Ied al-Hilaly – Wasiat Ulama-ulama Terdahulu {Min Washayash Salafy} [690 KB | download]
firqah najiyah thaifah manshurah ghuraba
Salman bin Fahd al-Audah – Shifatul Ghuraba, al-Firqatun Najiyah, wa ath-Thaifah al-Manshurah [568 KB | download]

Sayyid Quthb – Haza ad-Dien [514 KB | download]
mengapa-aku-dihukum-mati
Sayyid Quthb – Mengapa Aku Dihukum Mati {Limadza A’damuni} [download]
petunjuk-jalan
Sayyid Quthb – Petunjuk Sepanjang Jalan {Ma’alim fi ath-Thariq} [658 KB |download]
fi-zhilalil-quran
Sayyid Quthb – Fi Zhilalil Qur’an [download]
fiqh-sunnah
Sayyid Sabiq – Fiqhus Sunnah – Jilid 1 [671 KB | download], Jilid 14 [download]
Shalih bin Fauzan al-Fauzan – al-Wala’ wal Bara’ fil Islam [2.5 MB | download]
Shalih bin Fauzan al-Fauzan – Bekal Pernikahan [download]
Shalih bin Fauzan al-Fauzan- Empat kaidah memahami Tauhid (Syarah Qowaidul Arba’) Download
Shalih bin Fauzan al-Fauzan-  Membongkar firqoh-firqoh sesat …..(400 kb)Download
Shalih bin Fauzan al-Fauzan-  Prinsip-prinsip Akidah Ahlus Sunnah wal Jamaah …..(190 kb) Download
Shalih bin Fauzan al-Fauzan- Salafi digugat salafi menjawab …..(10,8 MB)Download
Shalih bin Fauzan al-Fauzan- Rahasia Indah Al-Fatihah …..(1,29 MB) Download
Shalih bin Fauzan al-Fauzan- Sentuhan fiqh untuk wanita beriman …..(1,35 MB)Download
Shalih bin Fauzan al-Fauzan-  Wala dan Bara …..(2,85 MB) Download
Sulaiman bin Nashir bin Abdullah al-Ulwan – Penjelasan 10 Pembatal Keislaman {at-Tibyan Syarhu Nawaqidhil Islam} [4 MB | download]
Sulaiman bin Nashir al-’Ulwan – Pertolongan Allah Telah Dekat {Ala Inna Nashrallahi Qarib} [download]
Taqiyuddin an-Nabhani – ad-Daulah al-Islamiyah [4.5 MB | download]
Taqiyuddin an-Nabhani – asy-Syakhsiyah al-Islamiyah [1.85 MB | download]
Taqiyuddin an-Nabhani – Nizham al-Islam [1.1 MB | download]
Taqiyuddin an-Nabhani – Nizham al-Ijtima’i fi al-Islam [2.4 MB | download]
Umar Sulaiman al-Asyqar – Kisah-kisah Shahih Dalam al-Qur’an dan as-Sunnah[2.1 MB | download]
deklarasi-daulah-islam-iraq
Utsman bin Abdurrahman at-Tamimi – Deklarasi Daulah Islam Irak {I’lamul Anam bi Miladi Daulatul Islam} [1 MB | download]
Yusuf al-Uyairi – Yang Tegar di Jalan Jihad {Tsawabit ‘ala Darbil Jihad} [633 KB | download]
keruntuhan-teori-evolusi
Harun Yahya – Keruntuhan Teori Evolusi
bangsa-musnah
Harun Yahya – Bangsa Musnah
Abdullah Pattani – Freemasonry di Asia Tenggara [119 KB | download | mirror]
secret-of-jihad-moro
Abu Ibrahim Muhammad Daud – The Secret of Jihad Moro [download]
fitnah-dan-petaka-akhir-zaman
Abu Fatiah al-Adnani – Fitnah dan Petaka Akhir Zaman [download]
meraih-kemuliaan-bukan-kenistaan
Dzulqarnain bin Muhammad Sanusi – Meraih Kemuliaan Melalui Jihad, Bukan Kenistaan [20.6 MB | download]
dosa-politik-orde-lama-dan-baru
Firdaus AN – Dosa-dosa Politik Orde Lama dan Orde Baru [16.3 MB | download]
HAMKA – Tafsir al-Azhar, Juz 30 [3.7 MB | download]
ada-pemurtadan-di-iain
Hartono Ahmad Jaiz – Ada Pemurtadan di IAIN [696 KB | download]
bahaya-jil-dan-fla
Hartono Ahmad Jaiz – Menangkal Bahaya JIL dan FLA [3.5 MB | download]
alquran-dihina-gusdur
Hartono Ahmad Jaiz – al-Quran Dihina Gus Dur [127 KB | download | mirror]
bahaya-islam-liberal
Hartono Ahmad Jaiz – Bahaya Islam Liberal [195 KB | download | mirror]
doktrin-zionisme-dan-ideologi-pancasila
M Thalib & Irfan S Awwas – Doktrin Zionisme dan Ideologi Pancasila [654 KB |download | mirror]
dajjal-dan-simbol-setan
Toto Tasmara – Dajjal dan Simbol Setan [586 KB | download]
Yazid bin Abdul Qadir Jawwas – Birrul Walidain [204 KB | download]
Yazid bin Abdul Qadir Jawas – Kedudukan Jihad dalam Syari’at Islam [4.9 MB |download]
zionisme-gerakan-menaklukkan-dunia
ZA Maulani – Zionisme Gerakan Menaklukkan Dunia [1.7 MB | download]
Catatan:
Laporkan jika ada link download yang tidak bisa di gunakan di kolom komentar agar bisa diperbaiki!
  • Semua e-book yang ada disini saya dapatkan dari berbagai sumber (situs, blog, file hosting, ftp, dll). Beberapa buku ada copyrightnya, silakan download jika mau, tidak juga tidak apa-apa….
  • Setiap e-book yang disediakan disini mencerminkan buah pikiran masing-masing penulisnya.
  • Jika diantara ebook tersebut belum ada link downloadnya, kemungkinan memang belum saya upload ke internet (mungkin juga lupa ditulis linknya), atau e-book tersebut belum saya dapat sepenuhnya (filenya belum utuh), atau yang saya dapat baru sebatas link ebook dari website lain dan belum saya miliki filenya sama sekali.
  • Sebagai penghimpun ebook (bukan author) maka saya tidak bertanggung jawab kalau-kalau ada kesalahan pada isi :roll:
  • Untuk file-file yg berekstensi *.djvu bisa dibuka dengan program WinDjView (disertakan bersama ebooknya)

Belum mendapatkan Ebook yang di cari?

Untuk Web Offline dan Artikel Ebook lainnya

Download disini

Selasa, 26 Januari 2016

Putroe Phang dari Malaysia Kembali Ke Aceh Mencari Pewaris Tahta


Kisah cinta Sultan Iskandar Muda dengan permaisurinya Putroe Phang selalu menarik perhatian masyarakat Aceh. Gunongan dan Taman Putroe Phang di Kutaradja merupakan bukti abadi yang lahir dari cinta kasih mereka. Karena cinta ini pula sang Putroe Phang mencari ’kembali’ jejak sultan di Seramoe Mekkah.


Kalimat tadi bukanlah berarti bahwa permaisuri raja tersebut kembali hidup dan mencari kuburan sang
suaminya, di awal tahun 2011 ini. Tulisan ini juga tidak sedikit pun akan menyentuh pembahasan tentang Sultan Iskandar Muda, melainkan membahas pewaris tahta terakhir mereka.


Tulisan ini, penulis mulai dari keinginan pihak berwenang dari Kesultanan Negeri Pahang Malaysia, Kamis (31/3) lalu, yang mengaku sedang mencari pewaris tahta murni kerajaan Aceh atau keturunan terakhir dari Sultan Mahammad Daud Syah.


Untuk menjalankan niat mereka ini, Kesultanan Pahang Malaysia, bahkan langsung mengutus Putrinya yang bergelar Tunku Hajjah Azizah Aminah Maimunah Iskandariah binti Sultan Iskandar Al-Haj untuk ikut bersama rombongan ke Aceh.


Menurut pengurus Kerajaan Pahang, cacatan sejarah mengenai keturunan sultan terakhir Aceh ini dinilai banyak yang sengaja dikaburkan sehingga menyebabkan banyak pihak minim informasi tentang hal tersebut. Selain itu, juga banyak pihak yang mengaku sebagai keturunan raja Aceh yang terakhir.


”Kesultanan Aceh sejak dulu sangat megah. Namun informasi sejarahnya yang kami dapatkan terputus hingga Sultan terakhir Muhammad Daud Syah. Kami tahu, ada keturunan dari Sultan Mahammad Daud Syah. Atas dasar tersebut, kami mencoba mencari tahu soal kebenaran tersebut dan baru kami temukan sekarang,” ungkap Kerabat Kesultanan Pahang Malaysia, Tunku Hajjah Azizah Aminah Maimunah Iskandariah binti Sultan Iskandar Al-Haj, di Hotel berbintang, Hermes Palace di Kota Banda Aceh.


Pada kesempatan tersebut, Putri Pahang menjamu sosok bernama Tuanku Raja Yusuf Bin Tuanku Raja Ibrahim Bin Sultan Mahammad Daud Syah, di ruang pertemuan Hermes Palace. Keduanya kemudian kembali membahas sejarah dan hubungan mesra yang sempat terjalin antara Pahang dengan Aceh.


Menurut putri Sultan Iskandar atau Raja Pahang Malaysia ini, Aceh sebenarnya merupakan sebuah daerah
yang kaya akan budaya serta peninggalan sejarah. Salah satunya, adalah gunongan dan taman yang diperuntukan kepada Putroe Phang atau Putri Pahang, atau indatu dari Tunku Hajjah Azizah yang berstatus sebagai Putri Pahang saat ini.


”Makanya saya senang datang ke Aceh karena ada taman yang dibuat khusus di sini,”canda Tunku Hajjah Azizah di sela-sela makan.


Selama seminggu di Aceh, lanjut dia, dirinya menggelar pertemuan dengan sejumlah pihak, termasuk Pemerintahan Aceh. Dan selama seminggu pula, banyak pihak yang mengaku keturunan sultan mencoba jumpai dengannya.



Setelah melalui berbagai pertemuan tersebut, terutama dengan pakar sejarah yang ada di Aceh. Dirinya mengaku baru bisa menyimpulkan siapa keturunan murni dari Sultan Aceh yang terakhir. Sosok tersebut adalah Tuanku Raja Yusuf.


Sosok Tuanku Raja Yusuf adalah cucu murni dari Sultan Muhammad Daud Syah. Namun anehnya, keberadaan sosok ini terkesan sengaja dihilangkan dari cacatan sejarah Aceh. Masyarakat di Aceh seharusnya lebih mengetahui sejarah bangsanya dibandingkan dengan warga luar seperti dirinya.


Anehnya lagi, masyarakat Aceh saat ini justru lebih mengenal jabatan Wali Nanggroe ketimbang cucu sultan yang sah.


Kerajaan Aceh dengan Pahang, lanjut dia, memiliki hubungan sejarah yang paling emosional. Hubungan ini tidak hanya terjadi karena perkawinan Sultan Iskandar Muda dengan Putri Pahang.


Hubungan Aceh-Pahang sudah terjalin sejak abad ke-16 setelah jatuhnya Malaka ke tangan Portugis. Kerajaan Pahang atau Pahang Darul Makmur merupakan salah satu negara bagian di Malaysia.


Sebagian besar negeri Pahang diselimuti hutan dan sebagian besar Taman Negara terletak dalam negeri Pahang. Pahang merupakan sebuah negeri ber-raja.Wujudnya negeri Pahang adalah sebelum wujudnya kerajaan melayu Melaka. Pahang mempunyai susur galur tamadun yang panjang, sejak dari zaman pra-sejarah lagi. Dahulunya kerajaan Pahang digelar Inderapura.


Negeri Pahang Darul Makmur ialah sebuah negeri yang terbesar di Semenanjung Tanah Melayu dengan luas 35.515 kilometer persegi. Kemasyhuran dan kehebatan namanya pada masa lalu menjadi rebutan kerajaan yang ada di sekelilingnya. Pada masa ini Pahang adalah negeri di Semenanjung yang terbagi atas sebelas daerah yaitu Kuantan, Pekan, Rompin, Maran, Temerloh, Jerantut, Bentong, Raub, Lipis, Cameron Highlands dan Bera. Sedangkan penduduknya pula terdiri dari berbagai kaum dan bangsa.


Sebenarnya, bagi orang Aceh, negeri Melaka (Malaysia-red) atau kerajaan Pahang khususnya, tidaklah asing. Kerajaan Aceh Darussalam bahkan pernah terlibat dalam perang dengan Portugis selama 130 tahun (1511-1641) hanya untuk membebaskan daerah tersebut dari jajahan Portugis.

Putri Raja Pahang Malaysia, Tunku Hajjah Azizah Aminah Maimunah
Iskandariah binti Sultan Iskandar Al-Haj.

Menurut sejarah Malem Dagang, Sultan Iskandar Muda (1607-1636) dengan armada Cakra Donya-nya berhasil membebaskan Sumatra dan Semenanjung tanah Melayu dari penjajahan Portugis dan menjadi bagian dari kerajaan Aceh. Laksamana Malem Dagang berhasil mempersatukan wilayah Sumatra dan Semenanjung tanah Melayu. Disinilah kemudian terbangun kampung etnis melayu di Aceh dan kampung Aceh di Pahang.


Hubungan Aceh dengan Pahang kemudian dilanjutkan pada masa sultan Muhammad Daud Syah. Dimana, disaat ibukota Aceh dipindahkan ke daerah Keumala di Pidie, Sultan Abubakar yang menjadi Raja Pahang pada saat itu, pernah beberapa kali mengirimkan utusan ke wilayah Keumala. Tujuannya, untuk memperkuat hubungan antar kedua kerajaan.


”Selaku keturunan Sultan Abubakar, saya juga ingin kembali memperkuat hubungan dengan Aceh,”tandas perempuan yang memiliki gelar Kebawah Duli Yang Teramat Mulia Tengku Puan Pahang, usai menjelaskan panjang lebar.


Sementara itu, bagi Tuanku Raja Yusuf, diakhir jamuan makan, mengaku dirinya tersanjung dengan keterangan dari Kesultanan Pahang Malaysia. Menurut dia, posisi dirinya dan keluarganya saat ini sangatlah tidak sebanding jika disandingkan dengan keluarga kesultanan Pahang.


”Rakyat Pahang masih mengakui raja mereka. Namun disini sudah tidak berlaku lagi,”tutur tuanku Raja Yusuf.


”Saya ini telah lama menjadi rakyat biasa, bahkan sejak lahir. Saya juga tidak mau mengaku-gaku sebagai keturunan sultan demi mendapatkan kemegahan dan ketenaran. Silahkan saja, orang lain yang mengaku. Tapi, atas kehormatan yang diberikan Kesultanan Pahang Malaysia, saya ucapkan ribuan terimakasih,”ungkap Raja Yusuf lagi.


Dalam pertemuan ini juga dihadiri keluarga dari pihak Kerajaan Pahang lainnya dan kelurga dari Tuanku Raja Yusuf, serta didampingi oleh Tuanku Maimun serta Tuanku Aswan, cucu dari Teuku Hasyim Banta Muda yang pernah menjadi Wali Nanggroe sewaktu Sultan Muhammad Daud Syah masih kecil.


Kerajaan Pahang juga mengundang para keturunan Sultan untuk mengunjungi pihaknya dalam waktu yang dekat ini. Namun undangan ini tidak dapat langsung dijawab oleh Tuanku Raja Yusuf. Pasalnya, pria yang berstatus PNS biasa disalah satu dinas tingkat Provinsi Aceh ini mengaku masih memiliki tanggungjawab yang besar pada negara ini.


”Undangan ini sangat memuliakan kami sekeluarga. Kami pasti memenuhi undangan ini, tetapi tidak dalam waktu dekat. Soalnya, saya sekarang adalah abdi negara biasa,”pungkas dia.


Keturunan Sultan Dan Rupiah


Sementara itu, Menurut M. Adli Abdullah, Mantan Panglima Laut Aceh, yang juga gemar menulis tentang sejarah Aceh, yang hadir dalam pertemuan dua kerabat raja tersebut, mengaku bahwa keberadaan sejumlah pihak yang mengaku keturunan sultan terakhir memang sering terjadi. Faktor ini dikarenakan kemuliaan dan rupiah yang melimpah yang dapat mereka peroleh dengan prilaku tersebut.


”Banyak orang yang mengaku-ngaku sebagai keturunan sultan terakhir dan wali saat ini. Ini semua dilakukan untuk kepentingan politik pihak tertentu yang unjung-unjungnya adalah memperoleh rupiah,”tutur Dosen Fakultas Hukum Unsyiah ini.


Menurutnya, tindakan dari Kerajaan Pahang yang sengaja mencari keturunan murni dari sultan terakhir Aceh adalah suatu hal yang langkah. Dimana, cara ini justru tidak pernah dilakukan oleh Pemerintah Aceh sendiri, selaku kaki tangan dari pemerintah pusat di Jakarta.


Selama puluhan tahun, lanjut dia, rakyat Aceh diharuskan hidup ditengah-tengah kebingungan dan ambisi pihak-pihak tertentu yang ingin menguasai daerah ini walaupun harus menghapus cacatan sejarah bangsanya. Faktor ini kemudian berimbas dengan hilangnya pengakuan rakyat terhadap kesultanan Aceh, serta beralih ke Wali Nanggroe.


”Rakyat Aceh seharusnya mengambil contoh dari sikap negeri Pahang. Dimana, mereka tidak lupa akan sejarah bangsanya dan sejarah daerah mereka dengan Aceh,”ungkap dia.


Sementara itu, menurut penulis, dalam cacatan sejarah Aceh, posisi Wali Nanggroe sebenarnya diperuntukan untuk orang tertentu ketika daerah ini sedang terjadi krisis atau perperangan. Namun ketika Aceh sudah kembali aman seperti sekarang, maka seharusnya posisi wali dengan sendirinya menjadi gugur dan daerah ini dikembalikan pada sultan atau pewarisnya. Namun, yang berlaku di daerah ini, malah sebaliknya sehingga nasibnya kian tidak jelas hingga kini.


harian-aceh.com

Selasa, 19 Januari 2016

Umat Islam akan Menjadi Umat terbesar kedua di Amerika "Mengkhawatir mereka"

Baru-baru ini Pew Research Center merilis hasil penelitian mereka mengenai prediksi populasi Muslim di Amerika Serikat. Mereka memprediksikan sebelum tahun 2040 Islam menjadi agama terbesar kedua setelah Kristen di AS.
Pew Research Center memperkirakan ada sekitar 3,3 juta Muslim dari segala usia yang tinggal di Amerika Serikat pada 2015. Ini berarti bahwa umat Islam terdiri sekitar satu persen dari total penduduk Amerika Serikat (sekitar 322 juta orang pada tahun 2015). Dan angka itu akan berlipat pada tahun 2050.

Perkiraan tersebut didasarkan pada proyeksi demografis dalam pertumbuhan populasi Muslim di Amerika sejak 2011. Mereka mengamati seluruh umat Muslim baik dewasa maupun anak-anak. Penelitian mereka menggunakan data usia, fertilitas, mortalitas, migrasi, dan mualaf yang mereka ambil dari berbagai sumber, termasuk survei Muslim Amerika pada tahun 2011.

Muslim di Amerika tidak merata, terdapat beberapa negara bagian yang populasi Muslimnya dua atau tiga kali lebih banyak dari rata-rata per kapita usia dewasa nasional. Negara bagian tersebut misalnya New Jersey.

Terdapat perdebatan dalam melihat populasi Muslim di Amerika, mengenai jumlah imigrasi Muslim di sana. Hal itu disebabkan karena Biro Sensus
Amerika Serikat tidak mengajukan pertanyaan tentang agama dalam mensensus penduduk Amerika Serikat. Sehingga tidak ada perhitungan resmi dari pemerintah mengenai populasi Muslim.

Namun, Pew Research Center mengaku melihat pertumbuhan Muslim di Amerika Serikat cukup stabil sejak 2007. Selain itu, mereka juga memprediksi pertumbuhan populasi Muslim cukup pesat, lebih cepat daripada pertumbuhan populasi Hindu dan jauh lebih cepat dari populasi Yahudi dalam beberapa dekade mendatang.
Diperkirakan Islam menjadi agama terbesar kedua setelah agama Kristen sebelum tahun 2040. Sementara pada tahun 2050 diprediksi populasi Muslim mencapai 8,1 juta orang, atau 2,1 persen dari total penduduk.

Mereka memprediksi, lebih dari setengah pertumbuhan penduduk Muslim tersebut pada tahun 2010-2015 akibat imigrasi. Menurut mereka, selama 20 tahun terakhir telah terjadi peningkatan jumlah imigran Muslim yang tiba di Amerika Serikat. 10 persen diantaranya merupakan imigran legal, hal itu jauh lebih sedikit dibandingkan imigran ilegalnya.

Pertumbuhan signifikan komunitas Muslim tersebut, selain karena imigran juga disebabkan karena banyaknya mualaf beberapa tahun terakhir ini. Satu dari lima Muslim dewasa di sana dilahirkan dari keluarga agama lain atau tidak beragama.

Tidak hanya itu, populasi Muslim di sana berada pada kisaran usia rata-rata lebih muda daripada masyarakat umum. Sehingga, jumlah yang lebih besar akan segera tiba ketika mereka mulai berkeluarga dan memiliki keturunan.

Islam Teroris dimata Amerika Vs Islam Humanis dimata Rusia Pidato kekaguman terhadap Islam oleh Pendeta Tinggi Rusia


Dimitriv Smirnov yang berbicara di hadapan ratusan jemaatnya, seperti dikutip The World Buletin News-Rusia, mengatakan bahwa masa depan Rusia akan menjadi milik umat Islam.

“Kalian lihat…ketika Umat Islam merayakan hari besar keagamaannya, tidak satu pun orang yang berani melewati mereka karena di seluruh dunia di masjid-masjid dan jalan-jalan kota dipadati jutaan umat Islam yang sedang bersujud kepada Tuhannya.

Saksikanlah…barisan juta umat manusia yang beribadah dengan sangat teratur dan mengikuti shaf mereka masing-masing dan hal itu tidak perlu diajarkan. Mereka berbaris dengan tertib tanpa harus diperintah.

Lalu apakah kalian melihat pemeluk kristen seluruh dunia bisa beribadah bersama? Dan hal itu tidak ada dalam kristen…kalian tidak akan pernah melihatnya.

Lalu apakah kalian melihat pemeluk kristen seluruh dunia bisa beribadah bersama? Dan hal itu tidak ada dalam kristen…kalian tidak akan pernah melihatnya.

Lihatlah mereka…orang Muslim kerap membantu dengan sukarela tanpa berharap imbalan tapi pemeluk kristen malah sebaliknya.

Kalian tanyakan pada wanita tua itu (sambil menunjuk wanita yang lumpuh yang berada di gerejanya). Menurut wanita tua itu seorang pengemudi Muslim sering menyediakan jasa transportasinya untuk mengantarnya ke gereja di Moskow.

Dan tiap wanita tua itu ingin memberinya upah, pengemudi Muslim selalu menolaknya dengan alasan bahwa Islam melarang mengambil upah pada wanita lansia, jompo, dhuafa dan anak-anak yatim di berbagai panti dan yayasan.

Dengarkanlah persaksiannya…padahal wanita tua itu bukan ibu atau kerabatnya. Tapi pengemudi Muslim mengatakan dalam Islam wajib menghormati orang yang lebih tua apalagi orang tua yang lemah dan tak berdaya tersebut.

Keikhlasan pribadi pengemudi Muslim tersebut tidak ditemukan di antara pemeluk kristen yang (digembar-gemborkan) mengajarkan kasih, tapi pengemudi Muslim dengan penuh belas kasih tidak meminta upah atas jasa transportasinya pada wanita tua itu.
Seorang Muslim justru lebih dekat dengan sang mesiah tapi orang kristen hanya ingin uang. Apakah kalian tidak merasakanitu?

Sebagaimana dalam prosesi penebusan dosa, siapa saja harus membayar pada pendeta-mu, entah itu miskin atau manula wajib memaharkannya sebagai ritual pengampunan dosa.”

Ratusan jemaat yang mengikuti misa imam besarnya hanya terdiam dan merenung. Dimitriv pun melanjutkan ceramahnya.
“Saksikan juga…seorang Muslim tidak tertarik untuk mengambil upah dari orang-orang lansia. Mereka begitu ikhlas dengan sukarela membawakan barang-barang serta belanjaan wanita tua itu…sampai sang wanita tua itu hendak berdoa ke gereja sang pengemudi Muslim setia mengantar jemput wanita tua itu.

Inilah mengapa saya mengatakan masa depan Rusia akan didominasi pemeluk Islam dan negeri ini akan menjadi milik Islam. Kalian lihat pribadi yang berbudi luhur dan santun mampu membuat dunia tercengang, ternyata akhlak Muslim lebih mulia daripada jemaat Kristen.

Kalian mendengar bahwa Islam dituduhkan sebagai agama “teroris” tapi itu hanya isu belaka yang pada kenyataannya Umat Islam lebih mengedepankan tata krama serta kesopanan.
Walau mereka difitnah sebagai “teroris”, tetapi populasi jumlah muallaf di Eropa dan Rusia makin ramai berdatangan ke tempat ibadah orang Muslim untuk memeluk Islam. Itu karena para muallaf tahu betul bahwa Islam tidak sekejam yang dunia tuduhkan.

Sekarang dan selamanya, masa depan Rusia akan dimiliki Umat Islam. Masa depan adalah kembalinya kejayaan Islam. Lihatlah populasi Muslim di Rusia telah berjumlah 23 juta dan pemeluk kristen mengalami penurunan menjadi 18 juta, lalu sisa yang lainnya masih tetap komunis.

Ini sebuah fakta bahwa Islam sekarang menjadi agama terbesar di Rusia. Di utara bekas pecahan negara Uni Soviet mayoritas penduduknya Muslim, yaitu republik Chechnya, Tarjikistan, Kajakhstan, Uzbeckistan dan Dagestan. Lalu Umat Islam juga telah menjamah kota-kota besar Rusia termasuk Moskow.”

Imam besar Dimitriv mengakhiri khutbahnya dan turun dari mimbarnya dengan berlinang air mata. Sementara para jemaatnya masih terpaku dan haru. Mereka tidak menyangka seorang imam besar Katolik bisa mengagungkan orang Muslim. Sebagian jemaat ada yang menangis melihat bagaimana ajaran Islam ternyata begitu berbudi luhur dan tidak layak disebut “teroris”.

Ya Allah Yang Mahamembolak-balikkan hati, teguhkanlah hati kami dan mereka yang mencari hidayah-Mu di atas Diin yang lurus ini. Aammiin.

Sumber: http://www.beritateratas.com/2015/12/gempar-video-pidato-pendeta-khatolik.html

  

Rabu, 13 Januari 2016

Kreteria Sekolah Efektif

Djam’an Satori (2000) mengemukakan sekolah efektif dalam perspektif manajemen, merupakan proses pemanfaatan seluruh sumber daya sekolah yang dilakukan melalui tindakan yang rasional dan sistematik (mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengarahan tindakan, dan pengendalian) untuk mencapai tujuan sekolah secara efektif dan efisien. Selanjutnya jika dilihat dalam perspektif ini, dimensi dan indikator sekolah efektif dapat dijabarkan sebagai berikut :

a. Layanan belajar bagi siswa
Dimensi ini mencakup seluruh kegiatan yang ditujukan untuk menciptakan mutu pengalaman belajar.

b. Mutu mengajar guru

Aspek ini merupakan refleksi dari kinerja profesional guru yang ditunjukan dalam penguasaan bahan ajar, metode dan teknik mengajar untuk mengembangkan interkasi dan suasana belajar mengajar yang menyenangkan, pemanfaatan fasilitas dan sumber belajar, melaksanakan evaluasi hasil belajar. Indikator mutu mengajar dapat pula dilihat dalam dokumen perencanaan mengajar, catatan khusus siswa bermasalah, program pengayaan, analisis tes hasil belajar, dan sistem informasi kemajuan/prestasi belajar siswa.
c. Kelancaran layanan belajar mengajar

Sesuai dengan jadwal layanan belajar mengajar merupakan “core bussiness” sekolah. Bagaimana kelancaran layanan tersebut, sesuai dengan jadwal yang telah disusun merupakan indikator penting kinerja manajemen sekolah efektif. Adanya gejala “kelas bebas” karena guru tidak masuk kelas atau para siswa tidak belajar disebabkan oleh interupsi rapat sekolah atau kegiatan lainnya, merupakan keadaan yang tidak boleh dianggap wajar.

d. Umpan balik yang diterima siswa

Siswa sepatutnya memperoleh umpan balik yang menyangkut mutu pekerjaannya, seperti hasil ulangan, ujian atau tugas-tugas yang telah dilakukannya.

e. Layanan keseharian guru terhadap siswa

Untuk kepentingan pengajaran atau hal lainnya, murid memerlukan menemui gurunya untuk berkonsultasi. Kesediaan guru untuk melayani konsultasi siswa sangat penting untuk mengatasi kesulitasn belajar. Kepuasan siswa terhadap layanan mengajar guru Siswa merupakan kastemer primer di sekolah, dan oleh karenanya mereka sepatutnya mendapatkan kepuasan atas setiap layanan yang ia terima di sekolah.

f. Kenyamanan ruang kelas

Ruang kelas yang baik memenuhi kriteria ventilasi, tata cahaya, kebersihan, kerapihan, dan keindahan akan membuat para penghuninya merasa nyaman dan aman berada di dalamnya.

g. Ketersediaan fasilitas belajar

Sekolah memiliki kewajiban menyediakan setiap fasilitas yang mendukung implementasi kurikulum, seperti laboratorium, perpustakaan fasilitas olah raga dan kesenian, dan fasilitas lainnya untuk pengembangan aspek-aspek kepribadian.

h. Kesempatan siswa menggunakan berbagai fasilitas sekolah

Sesungguhnya sekolah diartikan untuk melayani para siswa yang belajar dan oleh karenanya para siswa hendak diperlukan sebagai pihak yang harus menikmati penggunaan setiap fasilitas yang tersedia di sekolah, seperti fasilitas olah raga, kesenian dalam segala bentuknya,ruang serba guna, kafteria, mushola, laboratorium, perpustakaan, komputer, internet dan lain sebagainya.

i. Pengelolaan dan layanan siswa

Seperti telah diungkapkan terdahulu, siswa adalah kastemer primer layanan pendidikan. Sebagai kastemer, para siswa sepatutnya memperoleh kepuasan. Kepuasan tersebut menyangkut;(1) mutu layanan yang berkaitan dengan kegiatan belajarnya, (2) mutu layanan dalam menjalani tugas-tugas perkembangan pribadinya, sehingga mereka lebih memahami realitas dirinya dan dapat mengatasi sendiri persoalan-persoalan yang dihadapinya, dan (3) pemenuhan kebutuhan kemanusia- annya (dari kebutuhan dasar, rasa aman, penghargaan, pengakuan dan aktualisasi diri). Untuk menjamin layanan tersebut, sekolah yang efektif akan menyediakan layanan bimbingan konseling dan sistem informasi yang menunjang. Demikian pula layanan untuk mememuhi bakat dan minat anak dalam bentuk pengembangan program-program extra kurikuler mendapat perhatian yang berarti. Dalam kondisi seperti disebutkan, sekolah yang efektif memiliki siswa yang disiplin dengan motivasi belajar yang tinggi.

j. Sarana dan prasarana sekolah

Sarana dan prasarana atau disebut sebagai fasilitas sekolah mencakup, gedung, lahan dan peralatan pelajaran. Aspek penting dari gedung tersebut adalah kualitas fisik dan kenyamanan ruang kelas di mana “core bussiness” pendidikan di sekolah diselenggarakan. Aspek lain dari gedung adalah kualitas fisik dan kenyamanan ruang manajemen (ruang kerja kepala sekolah dan layanan administratif),ruang kerja guru, ruang kebersamaan (common room), dan fasilitas gedung lainnya seperti kafetaria, toilet, dan ruang pentas. Lahan sekolah yang baik ditata sedemikian rupa sehingga menciptakan kenyamanan bagi penghuninya. Sekolah yang efektif seperti buku-buku pelajaran dan sumber belajar lainnya yang relevan, alat-alat pelajaran dan peraga yang mendukung kurikulum sekolah sangat diperhatikan. Seluruhnya peralatan pengajaran tersebut, digunakan secara optimal sesuai dengan

k. Program dan pembiayaan

Sekolah yang efektif memiliki perencanaan stratejik dan tahunan yang dipatuhi dan diketahui oleh masyarakat sekolah. Kepemilikan perencanaan stratejik sekolah membantu mengarahkan dinamika orientasi sekolah yang dimbimbing visi, misi, kejelasan prioritas program, sasaran dan indikator keberhasilannya. Perencanaan tahunan merupakan penjabaran dari perencanaan stratejik yang berisi program-program berisi program-program operasional sekolah. Program-program tersebut, didukung oleh pembiayaan yang memadai dengan sumber-sumber anggaran yang andal dan permanen. Kebijakan dan keputusan yang menyangkut pengembangan sekolah tersebut dilakukan dengan memperhatikan partisipatif staf dan anggota masyarakat sekolah (dewan/komite sekolah).Dalam kondisi seperti itu akontabilitas kelembagaan sekolah, baik yang dilakukan melalui“self-assessment/ internal monitoring, maupun melalui “external evaluation” akan berkembang secara sehat karena semua fihak yang berkepentingan (stakeholder) mendapat tempatnya dalam setiap aspek pengembangan sekolah.

l. Partisipasi masyarakat

Di samping memberdayakan secara optimal staf yang dimilikinya, sekolah yang efektif akan menaruh perhatian yang sungguh-sungguh pula terhadap pemberdayaan masyarakat sekolah. Hal itu akan diwujudkan dengan cara menyediakan wadah yang memungkinkan mereka, yaitu fihak-fihak yang berkepentingan, ikut terlibat dalam memikirkan, membahas, membuat keputusan, dan mengontrol pelaksanaan sekolah. Wadah seperti itu, dalam penyelenggaraan sekolah-sekolah di Australia dikenal sebagai “school council”, yang di Indonesia diusulkan komite sekolah, orang tua murid, anggota masyarakat setempat (seperti tokoh agama, pengusaha, petani sukses, cendikiawan, politikus, dan sejenisnya), dan refresentatif staf dari Depdiknas setempat.

m. Budaya sekolah

Budaya sekolah merupakan tatanan nilai, kebiasaan, kesepakatan-kesepakatan yang direfleksikan dalam tingkah laku keseharian, baik perorangan maupun kelompok. Budaya sekolah dapat diartikan sebagai respon psikologis penghuni sekolah terhadap peristiwa kehidupan keseharian yang terjadi di sekolah. Budaya sekolah akan berpengaruh terhadap pencapaian misi sekolah apabila melahirkan respon psikologis yang positif dan menyenangkan bagi sebagian besar atau seluruh penghuni sekolah. Sebaliknya, budaya sekolah bersifat destruktif apabila melahirkan respon yang negatif atau kurang menyenangkan bagi sebagian besar atau seluruh penghuni sekolah. Budaya sekolah dalam pengertian ini sering diartikan sama dengan iklim sekolah, yaitu suasana kehidupan keseharian yang berlangsung di sekolah yang memberi pengaruh langsung atau tidak langsung terhadap respon psikologis para penghuninya.

Ciri Penanda Sekolah Efektif

Education is the most powerful weapon which you can use to change the world.
Pendidikan adalah senjata yang terkuat yang dapat Anda gunakan untuk mengubah dunia.
(Nelson Mandela).
Education, therefore, is a process of living and not a preparation for future living.
Pendidikan, oleh karena itu, adalah sebuah proses kehidupan dan bukan satu persiapan kehidupan di masa depan.
(John Dewey).
Pada saat melaksanakan tugas monev tentng standar pelayanan minimal (SPM) pendidikan dasar pada tanggal 30 Mei 2014, saya merasakan tentang pentingnya perhatian kita terhadap pilar-pilar sekolah efektif di negeri ini. Untuk meningkatkan perhatian terhadap pilar-pilar sekolah efektif tersebut, saya telah mencoba menulis buku tentang Pilar-Pilar Sekolah Efektif. Kebetulan ada seorang teman yang begitu baik hati menawarkan untuk mengedit dan memdesainnya menjadi dami.
Awalnya buku itu akan diberi judul Faktor-Faktor Determinan Sekolah Efektif. Memang itulah isinya. Tetapi judul itu masih panjang sedikit. Maka akhirnya judul itu diubah menjadi Pilar-Pilar Sekolah Efektif. Mudah-mudahan ada pihak yang mau bekerja sama untuk menerbitkannya, agar sekolah-sekolah di negeri ini menyadari tentang pentingnya komponen-komponen penting yang besar pengaruhnya terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Misalnya, apakah faktor kepala sekolahnya yang perlu mendapatkan perhatian, atau hubungan antara sekolah dengan orang tua, dan faktor-faktor determinan lainnya.
Tulisan ini merupakan inti sari buku tersebut, yang menjelaskan tentang faktor-faktor determinan yang mempengaruhi efektivitas suatu sekolah. Kelika kita terjun langsung ke sekolah-sekolah, kita akan dapat merasakan dengan mata hati tentang denyut nadi sekolah yang bersangkutan, apakah sekolah tersebut memiliki faktor-faktor yang menjadi pemantik untuk dapat berhasil atau sebaliknya.
Kurikulum dan Fasilitas Sekolah Sebagai Faktor Determinan
Kita mengenal beberapa macam sebutan sekolah, seperti sekolah unggulan, sekolah bertaraf internasional (SBI) yang dihapuskan karena dinilai diskriminatif dengan sekolah lain, yang dikenal dengan sekolah RSBI (sekolah rintisan bertaraf internasional) yang dipelesetkan menjadi Rintihan Sekolah Bertaraf Internasional. Selain itu, ada pula sebutan sekolah yang tidak sepenuhnya diatur dalam sistem pendidikan nasional, seperti sekolah berasrama (boarding school), dan sebutan lainnya, termasuk sekolah satu atap, karena muridnya sedikit sehingga demi efisiensi maka sekolah tersebut perlu dijadikan satu manajemen (satu atap). Di samping itu, dalam praktik di lapangan kita mengenal sekolah-sekolah terpadu, seperti Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT), Sekolah Memengah Islam Terpadu (SMPIT). Jenis sekolah ini disebut lebih karena penerapan kurikulum yang menyatukan antara kurikulum di sekolah umum dengan mata pelajaran keislaman (keilmuan dan keislaman).
Pada masa lalu, sebutan sekolah biasanya dikaitkan dengan lengkap-tidaknya sarana dan prasarana sekolah atau fasilitas sekolah. Contoh yang amat fenomenal adalah gambaran sekolah masa lalu yang diceritakan dalam novel Laskar Pelangi, karya Andrea Hirata. Dalam novel itu diceritakan dengan apik bahwa gedung SMP Muhammadiyah di Pulau Belitong adalah gambaran sekolah pinggiran di daerah pedesaan yang sudah nyaris roboh. Sekolah itu akan ditutup pemerintah jika pada tahun pelajaran baru tidak dapat menerima siswa baru minimal 10 (sepuluh) orang siswa. Hari terakhir penerimaan siswa baru, satu jam sebelum penerimaan siswa baru itu ditutup, ternyata masih ada sembilan orang siswa yang telah mendaftar. Jadi masih ada satu orang lagi yang mendaftar yang akan menjadi dewa penolong sekolah ini. Menit-menit terakhir, seorang anak berjalan agak pincang bersama orangtuanya datang ke sekolah ini untuk mendaftar sebagai siswa yang kesepuluh. Alhamdulillah, sekolah ini dapat meneruskan proses belajar mengajar, dengan hanya sepuluh siswa baru. Kesepuluh siswa baru inilah yang kemudian diberikan gelar sebagai laskar pelangi oleh penulis novel ini. Mengapa disebut pelangi, karena sepuluh anak ini memiliki karakter dan kecerdasan yang berbeda-beda. Singkat cerita, laskar pelangi pulalah yang telah membawa keharuman nama sekolahnya, yang berhasil mengalahkan sekolah “gedongan” dalam berbagai acara lomba.
Definisi Sekolah Efektif
AIBEP (Australia Indonesia Basic Education Program) telah mengembangkan pelatihan WDD (Whole District Development) dan WSD (Whole School Development) di Indonesia. AIBEP menjelaskan definisi sekolah efektif sebagai berikut.
”Sekolah efektif adalah sekolah yang memiliki sistem pengelolaan yang baik, transparan dan akuntabel, serta mampu memberdayakan setiap komponen penting sekolah, baik secara internal maupun eksternal, dalam rangka pencapaian visi-misi-tujuan sekolah secara efektif dan efesien” (bahan pelatihan AIBEP).
Dalam kalimat yang berbeda, ada rumusan yang menyatakan sebagai berikut:
“An effective school is a school in which students achieve high standards that they can use in their future education or the workplace, a school where students feel safe and happy. It promotes those values that will help pupils to become good and responsible citizens, enable them to become involved in their community and become good family members. We all write these sorts of things in our school mission statements and school documents, but we are all too often distracted from them in day-to-day planning (http://www.teachingexpertise.com).
Khusus untuk sekolah dasar (primary school), secara khusus UNESCO telah mendefinisikan dan sekaligus menyebutkan karakteristik sekolah efektif di sekolah dasar sebagai berikut:
“School effectiveness research shows that successful primary schools are typically characterized by strong leadership, an orderly school and classroom environment and teachers who focus on the basics of the curriculum, hold high expectations of their students’ potential and performance and provide them with frequent assessment and feedback” (diberi garis bawah dan ditebalkan oleh penulis, EFA Global Monitoring Report 2005, hal. 228).
Berdasarkan definisi tersebut karakteristik tipikal minimal sekolah efektif adalah: (1) kepemimpinan yang kuat, lingkungan ruang kelas dan sekolah yang teratur, (3) para pendidik yang memfokuskan pada hal-hal yang mendasar dalam kurikulum, dan (4) mempunyai harapan yang tinggi terhadap unjuk kerja dan potensial para siswanya, serta (5) menyediakan mereka penilaian dan umpan balik (feed back) bagi pendidik secara teratur.
Sayang sekali, konsep sekolah efektif tersebut tidak berjalan lama di negeri ini, dan sampai sampai ini konsep tersebut kurang mendapatkan perhatian lagi. Habis proyeknya, selesailah sudah program dan kegiatannya.
Pilar-Pilar Sekolah Efektif
Jika pada awalnya efektivitas sekolah dilihat dari segi kelengkapan sarana dan prasarananya, maka dewasa ini efektivitas sekolah lebih banyak ditentukan oleh pengelolaan pendidikan, termasuk harapan guru dan peserta didiknya untuk mencapai hasil belajar yang tinggi, melalui proses pembelajaran.
Untuk lebih mengingatkan kita, dalam laporan tahun 2005 UNESCO menyatakan dengan tegas bahwa “Schools are definitly not factories producing outputs according to recipe in a technically deterministic way” (EFA Global Monitoring Report, 2005: 228). Dengan kata lain, sekolah-sekolah adalah sama sekali bukanlah pabrik-pabrik yang memproduksi keluaran sesuai dengan resep dengan satu cara yang secara teknikal dipandang sangat menentukan. Pernyataan ini mengubah pandangan dari teori fungsi produksi (production function theory) sebagaimana telah dijelaskan di muka. Jadi, yang penting bukan gedungnya, bukan fasilitas fisikalnya, bukan masukan instrumental lain, bahkan berapa kali ditatar dan ditatar terus, jika semuanya itu tidak dilaksanakan dalam proses belajar mengajar yang optimal di dalam kelas. Kembalilah kepada pandangan bahwa proses pembelajaran adalah kunci masalah pendidikan selama ini. Proses pembelajaran di dalam kelas merupakan kotak kitamnya (black box) yang selama ini harus kita temukan tempat dan kuncinya. Dengan demikian, sekali lagi pilar sekolah efektif bukan faktor fasilitas sekolah, tetapi lebih dari proses pembelajarannya.
Sejarah Gerakan Sekolah Efktif (Effetive School Movement)
Konsep sekolah efektif memang bukan konsep yang baru. Sebagai contoh, Dr. Lawrence W. Lezotte (http://www.edutopia.org) menyatakan bahwa konsep sekolah efektif telah mengalami revolusi dan evolusi lebih dari tiga puluh tahun. Dalam tulisannya bertajuk Revolutionary and Evolutionary The Effective School Movement telah memberikan daftar 10 (sepuluh) bahan pustaka tentang sekolah effektif. Bahkan dalam tulisan tersebut, Lazotte telah menggunakan istilah yang revolusioner, yakni gerakan sekolah effektif (the effective school movement).
Lezotte menjelaskan sejarah panjang tentang gerakan sekolah efektif tersebut. Dimulai dari kajian Prof. James Coleman, yang telah melakukan kajian tentang hasil belajar peserta didik dengan melibatkan 600.000 peserta didik di 4.000 sekolah. Pada bulan Juli 1966, Coleman telah menerbitkan hasil kajiannya dengan tajuk The Equal Educational Opportunity Survey, dengan temuan bahwa ternyata latar belakang keluarga — bukan sekolah— merupakan faktor penentu hasil belajar peserta didik (family background, not the school, was the major determinant of student achievement). Peserta didik yang berhasil di sekolah berasal dari keluarga yang mampu secara ekonomis, sedang peserta didik yang berasl dari keluarga tidak mampu ternyata tidak hanya gagal dalam menempuh pendidikannya, tetapi juga gagal dalam kehidupannya. Tentu saja, hasil kajian tersebut telah mengejutkan banyak pihak. Alalagi hasil kajian tersebut dipaparkan di depan The United States Congress. Hasil kajian Colemen tersebut ternyata telah memicu para ahli pendidikan untuk melakukan penelitian tentang sekolah efektif secara lebih intensif.
Akhirnya, pada tahun 1982, Prof. Ron Edmonds telah menerbitkan paper bertajuk Programs of School Improvement: An Overvew, yang mencoba untuk mencari faktor-faktor yang disebut sebagai the Correlates of Effective School, yaitu faktor-faktor yang diidentifikasi sebagai faktor penentu sekolah efektif. Hasil kajiannya, Edmonds menyebutkan lima faktor penentu sekolah efektif, yaitu:
1. The leadership of the principal notable for substantial attention the quality of instruction. Kepemimpinan kepala sekolah yang kuat memberikan perhatian secara substansial terhadap kualitas pembelajaran. Bagaimanapun juga peran kepemimpinan kepala sekolah sangat menentukan proses pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Namun, kepala sekolah tidak akan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik jika tidak didukung oleh semua guru dan staf tata usaha sekolahnya.
2. A pervasive and broadly understood instructional focus. Fokus kepada pembelajaran dapat difahami secara mendalam oleh para guru dan semua peserta didik. Fokus kepada pembelajaran memang menjadi faktor penentu, tetapi lebih dari itu, sekolah juga memiliki visi dan misi, yang juga harus difahami oleh semua warga sekolah.
3. An orderly, safe climate conducive to teaching and learning. Iklim belajar yang aman dan teratur untuk proses belajar mengajar. Suasana belajar yang kondusif harus diciptakan, bukan dengan tangan besi, melainkan dengan menumbuhkan kesadaran. Disiplin sering diartikan sebagai kepatuhan kepada aturan. Tetapi dalam pelaksanaannya disiplin itu diartikan sebagai disiplin yang mati, bukan disiplin yang tumbuh dari kesadaran diri yang tinggi.
4. Teacher behaviors that convey the expectation that all students are expected to obtain at least minimum mastery. Sikap dan perilaku para guru memberikan harapan yang tinggi kepada semua siswa agar paling tidak dapat memperoleh penguasaan minimum. Sikap dan perilaku guru memang merupakan kurikulum tersembunyi (hidden curriculum) yang justru mempunyai pengaruh yang sangat besar untuk menumbuhkan harapan peserta didiknya agar berhasil.
5. The use of measures of pupil achievement as the basis for program evaluation. Menggunakan alat ukur hasil belajar peserta didik sebagai basis untuk penilaian program. Sering hasil belajar dipandang sebagai “semacam hukuman” bagi siswa, padahal seharusnya hasil belajar tersebut justru harus menjadi bahan masukan (feed back) bagi perbaikan program pembelajaran.
Pada tahun 1995, Gary D. Borich, sebagai contoh, menggunakan istilah sekolah efektif dalam bukunya bertajuk Beginning A Teacher, An Inquiring Dialog for Beginning Teacher. Dalam kata pengantarnya, Gary D. Borich mengungkapkan bahwa ”by ’effective’ I mean how teacher like yourself have helped their students to learn, managed their classroom better, and felt good about themselves” (1995: ix). Ungkapan Borich ini tampak amat sederhana. Dalam ungkapan tersebut, yang dimaksud ’efektif’ adalah bagaimana guru membantu para siswa untuk belajar, mengelola ruang kelasnya dengan lebih baik, dan merasakan senang dengan pekerjaannya sendiri. Bagaimana mungkin dapat dikatakan efektif jika guru di sekolah itu sebenarnya tidak menyenangi pekerjaannya sebagai guru? Tentu saja, guru-guru di sekolah efektif adalah guru-guru yang menyenangi tugas profesionlnya sebagai pendidik.
Buku yang telah menuangkan dialog antara wartawan dengan para guru di suatu sekolah, dijelaskan tentang beberapa karakteristik kunci sekolah effektif: ”democratic, supportive, understanding, dan humanistic” (1995:3). Di samping itu karakteristik lain yang tidak kalah pentingnya adalah ”well organized, goal-based, result-orieted climate” (1995: 3). Dengan beberapa karakteristik tersebut, Borich mencoba untuk menggambarkan bagaimana sekolah efektif.
Konsep Sekolah Efektif menurut CCES (California Center of Effective School)
Menurut California Center for Effective School (CCES), ketujuh pilar sekolah efektif tersebut, masing-masing terdiri atas empat indikator. Dalam bentuk tabel, tujuh faktor determinan sekolah efektif dan masing-masing empat indikatornya menurut CCES dapat dijelaskan sebagai berikut.
Tabel 1: Tujuh Faktor determinan dan Indikator Sekolah Efektif Menurut CCES
I A clear and focused mission
1 Kepala sekolah, pendidik, dan pegawai tata usaha mengetahui dan memahami misi utama sekolah mereka.
2 Pembelajaran peserta didik adalah kriteria terpenting yang digunakan dalam membuat keputusan.
3 Standar tingkat negara bagian (state) sejalan dan searah dengan kurikulum lokal yang digunakan.
4 Program instrusional sekolah memfokuskan pada upaya pencapaian indikator keberhasilan belajar peserta didik, dengan level keberhasilan tertentu, baik akademis maupun nonakademis. Indikator-indokator keberhasilan tersebut telah diidentifikasi dan disetujui oleh kepala sekolah, guru, dan pegawai tata usaha, serta semua pihak yang terkait.
II High expectations for success
1 Para guru percaya dan mengharapkan bahwa semua siswa dapat mencapai hasil belajar. Untuk itu, para guru dapat mengkomunikasikan hal ini kepada peserta didiknya.
2 Perhatian diberikan secara adil kepada semua peserta didik, baik yang rendah maupun yang tinggi hasil belajarnya.
3 Peserta didik memahami apa yang diharapkan, dan para guru menyediakan kesempatan-kesempatan untuk peserta didik untuk memperoleh pengalaman dalam mencapai keberhasilan mereka.
4 Para guru menyediakan kesempatan-kesempatan kepada peserta didik agar meraka dapat bertanggung jawab dan juga dalam kepemimpinan.
III Instructional leadership
1 Kepala sekolah, dengan semua jajarannya, memberikan penekanan bahwa tujuan utama sekolah adalah pembelajaran.
2 Kepala sekolah dan para guru aktif dan terlibat dengan semua kegiatan dalam sekolah. Mereka menjadi sumber, memberikan penegasan, dukungan, dan berdedikasi untuk mencapai misi sekolah.
3 Kepala sekolah dan para guru menyampaikan harapan-harapan tinggi untuk peningkatan kinerja peserta didik dan pegawai tata usaha.
4 Kepala sekolah dan para guru berkolaborasi untuk meningkatkan program isntruksional dan memonitor kemajuan hasil belajar siswa.
IV Frequent monitoring of student progress
1 Data hasil belajar peserta didik mendorong perubahan-perubahan dalam program pembelajaran dan prosedur-prosedur sekolah.
2 Data hasil tes, distribusi nilai, dan pola-pola penerimaan siswa baru dianalisis berdasarkan ras, gender, etnis, dan status sosial-ekonomi untuk mengetahui ketidakmerataan dan untuk meyakinkan bahwa semua siswa belajar.
3 Ringkasan tentang prestasi belajar diketahui bersama oleh semua staf dan dilaporkan kepada masyarakat. Skor pada tingkat kabupaten dan sekolah dianalisis oleh semua staf untuk membuat inferensi tentang keberhasilan program dan target baru tentang upaya peningkatan sekolah.
4 Tes berpatokan norma dan/atau penilaian autentik dirancang dan/atau digunakan oleh para guru untuk menilai tingkat penguasaan siswa untuk kelas atau tujuan pembelajaran setiap mata pelajaran.
V Opportunity to learn and student time on task
1 Waktu terbesar dialokasikan untuk proses pembelajaran dalam semua mata pelajaran.
2 Para guru mengurangi kegiatan yang kurang penting dan memfokuskan pada proses pembelajaran.
3 Para guru secara jelas mengkomunikasikan tentang maksud atau tujuan setiap pelajaran.
4 Angka keberhasilan siswa, dalam mencapai standar-standar, adalah 80 – 85% untuk memastikan pembelajaran yang produktif. Semua ini diselesaikan oleh para guru dengan melakukan monitoring kualitas pelajarannya, revisi dan remedial serta dengan penganekaragaman tugas-tugas siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sama.
VI Safe and orderly environment
1 Kepala sekolah, guru, dan tenaga administrasi percaya, dan perilaku mereka menunjukkan bahwa konsistensi di antara semua warga sekolah adalah kunci untuk membangun satu suasana yang posititf.
2 Kepala sekolah, guru, dan staf tata usaha menerima proposisi bahwa mereka siap bertugas kapan saja dan dimana saja selama di sekolah.
3 Ada suasana yang positif bagi siswa. Tingkah laku positif, keberhasilan, usaha, dan semua atribut dari keberhasilan tersebut akan diberikan.
4 Perhatian terhadap semua peralatan interior dan administratif yang terjaga dengan baik.
VIIHOME/school relations
1 Orangtua siswa telah memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan-tujuan sekolah dan standar kurikulum melalui komunikasi yang teratur.
2 Orangtua siswa telah diberikan informasi tentang bagaimana cara membantu anak-anaknya belajar di rumah.
3 Orangtua siswa telah diberikan informasi secara jelas tentang kemajuan peserta didik, termasuk tes hasil belajar di tingkat negara bagian dan apakah anaknya telah mencapai standar itu atau tidak, di bawah atau di atas standar itu.
4 Rata-rata ganda (multiple means) digunakan untuk mengkomunikasikan kepada orangtua siswa, termasuk buku panduan, newsletters, catatan rumah, nomor telepon, rapat orantua dan guru, kunjungan rumah, paket belajar di rumah, dan pertemuan sekolah dan kelas.
Sumber: Sekolah efektif menurut CCES (California Center for Effective School)
Sebenarnya masih ada beberapa teori tentang sekolah efektif, namun teori CCES tersebut sudah sangat memadai untuk misalnya dijadikan acuan penyusunan instrumen penilaian sekolah efektif. Kalau akan melihat apakah sekolah-sekolah itu sudah dapat kita kategorikan sebagai sekolah efektif atau belum, kita dapat menggunakan pilar-pilar dan indikator CCES. Kemudian, indikator mana yang harus disempurnakan, sudah tentu dapat dipastikan dari hasil evaluasi dengan menggunakan pilar-pilar dan indikator CCES tersebut.