1. Relasi Manusia dengan Tuhan (Kajian ontologi Agama Islam)
2. Profesi Manusia dalam Belajar (Kajian Ontologi Pendidikan Islam)
3. Relasi manusia dengan alam (Kajian Ontologi Pendidikan Islam) Bagaimana manusia bersikap terhadap alam
4. Problema Pendidikan Kontemporer dalam Pespektif Pendidikan Islam (Isu tentang bonus demografi, manusia usia kerja lebih banyak, bagaimana dunia menginggalakna materialistik kembali pada spiritualitas komtemporer)
5. Sumber Pengetahuan Perspektif Pendidikan Islam (Sumber Ayat, Hadis, akal, real ekteriel dari pengalaman empiris)
6. Metode Pencariang Pengetahuan Perspektif Pendidikan Islam (melalui tafsir, ijtihad, qiyas)
7. Kriteria Pengetahuan dalam Agama (Korelasi Alquran dan Hadia, aqal sehat, pendapat ilmuan tentang kriteria kebenaran)
8. Epistimologi Tolenransi Perspektif Pendidikan Islam (Pendekatan untuk memahami pendidikan Islam, penting menghorati perbedaan pendapat)
9. Aksiologi Perspektif Pendidikan Islam (apa tujuan PAI? melhirkan nilai, nilaai apa yang ingin ditanam, bagaimana hasilnya)
10. Nilai dan Implementasi dalam Pendidikan Islam (Nilai Taqwa, Keilmuan dapat diimplementasikan lewat pembelajaran)
11). Aksiologi Pendidikan Islam dalam KIsah Nabi dan Rasul (Nilai keteladanan)
12. Aktivitas Sosial; Kajian Aksiologi Perspektif Pendidikan Islam (peserta didik di dorong untuk aktivitas sosial)
13. Tantangan Implementasi Nilai Pendidikan Islam (perubahan zaman, pluralisme, perubahan budaya akibat globalisasi)