Total Tayangan Halaman

Kamis, 12 Mei 2016

Perubahan Politik, ekonomi dan Sosial Indonesia Abad VII-XIII

Dari hasil identifikasi, jenis kapal berasal dari sekitar abad ke 7 dan 8 setara dengan pembangunan Candi Borobudur. Ini adalah penemuan kapal kayu yang paling komplit dan bisa jadi yang tertua di Indonesia!Dan penemuan tersebut terlengkap di Asia Tenggara karena kondisi kapal tersebut pada lambung bawahnya masih utuh, dibanding temuan di sejumlah wilayah lain seperti di Sumatera dan juga di negara lain seperti di Malaysia dan Filipina.

Kondisi Politik Ekonomi dan Sosial Budaya Indonesia Sebelum Masuknya Islam - Proses islamisasi yang terjadi di Indonesia sangat ditentukan oleh kondisi sosial, budaya, politik, dan ekonomi yang ada sebelumnya. Secara geografis wilayah Indonesia memiliki arti yang sangat penting bagi masuknya unsur-unsur dari luar, karena menjadi jalur lalu lintas perdagangan internasional. Dengan terbukanya wilayah Nusantara memungkinkan masyarakatnya untuk berinteraksi dengan bangsa lain.

1. Kondisi Politik dan Ekonomi Indonesia Sebelum Masuknya Islam


Pada abad ke-7 sampai dengan abad ke-12, Sriwijaya mengalami masa kejayaan, baik dalam bidang politik maupun ekonomi. Kejayaan yang dialami Sriwijaya sangat ditentukan oleh letak dari kerajaan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim. Sriwijaya merupakan bagian dari jalur perdagangan internasional.


Sebagai pelabuhan, pusat perdagangan, dan pusat kekuasaan, Sriwijaya menguasai pelayaran dan perdagangan di bagian barat Indonesia. Sebagian dari Semenanjung Malaya, Selat Malaka, Sumatra Utara, Selat Sunda yang kesemuanya masuk lingkungan kekuasaan Sriwijaya. Sriwijaya sebagai pusat perdagangan dikunjungi oleh pedagang dari Parsi, Arab dan Cina yang memperdagangkan barang-barang dari negerinya atau negeri yang dilaluinya, sedangkan pedagang Jawa membelinya dan menjual rempah-rempah.



Memasuki abad ke-13, Sriwijaya menunjukkan tanda-tanda kemunduran. Kekayaan alamnya sudah tidak lagi menghasilkan, kalah dengan hasil kekayaan di Jawa. Untuk menanggulangi ini, Sriwijaya menerapkan bea cukai yang mahal bagi kapal-kapal yang berlabuh di pelabuhan-pelabuhannya, bahkan memaksa agar kapal-kapal asing berlabuh di pelabuhannya.


Tindakan Sriwijaya ini ternyata tidak memberikan keuntungan bagi kerajaannya, justru sebaliknya. Kapal-kapal asing mencoba menghindar untuk berlabuh di pelabuhan-pelabuhan Sriwijaya.


Kemunduran Sriwijaya diperburuk lagi oleh serangan Kerajaan Singosari dari Jawa melalui ekspedisi Pamalayu. Dengan Pamalayu, supremasi Kerajaan Singosari dapat diletakkan di bekas daerah pengaruh Sriwijaya di Sumatera. Setelah Singosari berkuasa, kemudian muncul Majapahit sebagai kekuatan kerajaan yang memiliki pengaruh yang sangat besar. Kemunculan Majapahit ini semakin memperlemah kedudukan Sriwijaya.


Majapahit pernah tampil sebagai supremasi kekuasaan di wilayah Nusantara, setelah Sriwijaya runtuh. Kejayaan Kerajaan Majapahit dialami pada masa kekuasaan Raja Hayam Wuruk dengan patihnya yang terkenal yaitu Gajah Mada. Dengan Sumpah Palapanya, Gajah Mada melakukan perluasan wilayah. Majapahit kemudian mengalami kemunduran yang lebih banyak disebabkan oleh adanya konflik internal. Pada tahun 1478, Majapahit mengalami keruntuhannya.


Peradaban Hindu-Buddha sangat berpengaruh pada pembentukan struktur masyarakat di Nusantara. Masyarakat yang Hinduistis merupakan masyarakat dengan struktur yang hierarkis, artinya masyarakat yang mengenal kasta, yaitu kasta Brahmana, Ksatria, Waisya, dan Sudra. Hubungan antarkasta ini bersifat vertikal yang sempit, artinya interaksi antar individu hanya terjadi pada kelompok kastanya sendiri.


2. Kondisi Sosial Budaya Indonesia Sebelum Masuknya Islam


Sebelum ditemukannya mesin yang menggerakkan kapal laut, pelayaran kapal-kapal lebih ditentukan oleh arus angin. Sistem angin di kepulauan Nusantara yang dikenal sebagai angin musim (angin muson), memberikan kemungkinan pengembangan jalan pelayaran Barat-Timur pulang balik secara teratur dan berpola tetap. Musim barat dan musim timur sangat menentukan munculnya kota-kota pelabuhan serta pusat-pusat kerajaan sejak aman Sriwijaya sampai akhir Majapahit.


Kehidupan di kota pelabuhan menampakkan suatu kehidupan yang dinamik. Interaksi manusia melalui perdagangan di kota pelabuhan dapat menciptakan unit-unit kehidupan manusia. Interaksi antara unit-unit akan membangun struktur sosial yang dinamik, sehingga akan menampakkan adanya suatu perubahan.


Masyarakat di kota pelabuhan merupakan masyarakat yang urban dan kosmopolit. Terciptalah suatu tatanan masyarakat kota. Interaksi tidak hanya terbatas pada pertukaran barang-barang ekonomi, akan tetapi terjadi pula interaksi budaya antarkelompok masyarakat.

Dengan demikian, kehidupan masyarakat di kota pelabuhan akan menciptakan suatu masyarakat yang terbuka. Dalam masyarakat yang seperti ini, akan memudahkan masuknya unsur budaya dari luar. Apabila unsur budaya itu mampu membangun suatu tatanan kehidupan yang mapan, maka akan menjelma menjadi suatu peradaban.


Sebelum kedatangan Islam di wilayah Nusantara, peradaban yang pernah muncul dan mampu membangun suatu struktur masyarakat yang mapan yaitu Hindu-Buddha. Peradaban Hindu-Buddha sangat berpengaruh pada pembentukan struktur masyarakat di Nusantara. Masyarakat yang dibentuk dalam peradaban ini adalah masyarakat yang memiliki struktur hierarkis.


Dalam masyarakat seperti ini, terdapat lapisan-lapisan sosial yang sangat ketat. Masyarakat terbagi atas kasta yaitu kasta Brahmana, Ksatria, Waisya dan Sudra. Hubungan antarkasta ini bersifat vertikal yang sempit, artinya interaksi antarindividu hanya terjadi pada kelompok kastanya sendiri. Sebagai contoh seorang kasta Ksatria tidak bisa menikah dengan seseorang yang berasal dari Kasta Waisya.


Dalam konsepsi Hindu-Buddha, hubungan antara manusia dan jagad raya bagaikan hubungan kesejajaran antara makrokosmos dan mikrokosmos. Manusia adalah mikrokosmos dan jagad raya adalah makrokosmos. Menurut kepercayaan ini, manusia senantiasa berada di bawah pengaruh tenaga-tenaga yang bersumber pada penjuru mata angin, bintang-bintang dan planet-planet.


Tenaga-tenaga ini mungkin menghasilkan kemakmuran dan kesejahteraan atau berakibat kehancuran. Terjadinya kesejahteraan atau kehancuran tergantung pada dapat tidaknya individu-individu dan kelompok-kelompok masyarakat terutama sekali negara, berhasil menyelaraskan kehidupan dan kegiatan mereka dengan jagad raya. Keselarasan antara kerajaan dan jagad raya dapat dicapai dengan menyusun kerajaan itu sebagai gambaran sebuah jagad raya dalam bentuk kecil.


Penguasa makrokosmos adalah Dewa, sedangkan penguasa mikrokosmos adalah raja, sehingga lahirlah konsep dewa-raja. Raja adalah wakil dewa di muka bumi. Kedudukan raja dianggap sebagai titisan (inkarnasi) dari dewa atau sebagai keturunan, atau sebagai kedua-duanya, baik sebagai penitisan maupun keturunan dewa.


Raja memiliki kedudukan yang sangat sentral. Hubungan antara raja dengan rakyat membentuk struktur yang patrimonial. Dalam hubungan ini tercipta hubungan kawula dan gusti. Rakyat lebih banyak melakukan kewajibannya. Pemikiran konsep ini tidak memungkinkan adanya suatu bentuk perjanjian sosial (social contract) atau konsep mengenai kewajiban-kewajiban timbal balik antara atasan dan bawahan.

Sejarah Islamisasi di Asia Tenggara

A. PROSES ISLAMISASI

Terdapat tiga hal yang diperdebatkan oleh ulama mengenai datangnya Islam ke Indonesia: waktu datang, penyebar dan daerah asal penyebar.

Azyumardi Azra mengatakan bahwa perkembangan Islam di Asia Tenggara mengalami tiga tahap:

1. Islam disebarkan oleh para pedagang yang berasal dari Arab, India dan Persia di sekitar pelabuhan (terbatas). Pada tahap ini, para ulama yang juga merangkap sebagai pedagang memiliki peran besar dalam penyebaran Islam. Di samping itu, penyebaran Islam dalam tahap ini sangat diwarnai oleh aspek mistik Islam (tasauf). Meskipun demikian, tidak berarti syari’at atau fikih diabaikan sekali. Tahap pertama ini berlangsung hingga Majapahit runtuh (abad XV M).

2. Sejak datang dan berkuasanya Belanda di Indonesia, Inggris di Semenanjung Malaya, dan Spanyol di Pilipina, sampai abad XIX M

3. Tahap Liberalisasi kebijakan pemerintahan kolonial, terutama Belanda di Indonesia. Pada tahap ini, proses Islamisasi di Asia Tenggara sampai bentuknya seperti sekarang ini.





Islamisasi di Asia Tenggara dimulai sejak dunia Islam melakukan hubungan hubungan baik dengan kerajaan- kerajaan di Asia Tenggara. Meskipun masih diperdebatkan. I’Tsing yang pernah berkunjung ke Sriwijaya palembang (671 M) menjelaskan bahwa Sriwijaya sudah menjalin hubungan dengan Khalifah Mu’awiyah Bin Abi Sufyan (661 M) dan khalifah Umar Ibn Abd al-Aziz (717-720 M). Selanjutnya ia menjelaskan bahwa jalinan hubungan tidak semata menyangkut bidang perdagangan , tetapi juga bidang politik dan diplomatik.

K.N. Sofyan Hasan dan Warkum Sumitro(1994) menyederhanakan perdebatan mengenai kedatangan Islam Nusantara. Menurutnya, sejarawan terbagi menjadi dua kelompok dalam menjelaskan asal-usul Islam di Nusantara. (termasuk Indonesia).

1. Husin Jayadiningrat dan Cristien Snouck Hurgronje (Ahli hukum dari Belanda) berpendapat bahwa Islam datang ke Nusantara pada Abad XIII yang dibawa oleh para da’i dan pedagang dari Persia melalui India. Argumentasinya adalah:

a. Kerajaan Islam yang pertama di Indonesia adalah Samudera Pasai di Aceh Utara (Lhoksemawe). Nama samudera pasai berasal dari kata Persia;[1]

b. Mistik yang diajarkan di Indonesia sama dengan mistik yang al- Hallaj dengan Syekh Siti Jenar;

c. Cara membaca al-Qur’an di Indonesia sama dengan cara menbaca Al-Qur’an di Persia.

2. Hamka dan W.P. Goenevelt berpendapat bahwa Islam datang ke Nusantara langsung dari Arab (Mesir) tidak melalui Persia dan India. Alasannya adalah:

a. Madzhab yang dianut oleh kerajaan Islam Pasai pada waktu itu adalah Madzhab Syafi’i, dan madzhab itu berasal dari Mekkah.

b. Gelar-gelar raja Pasai yang dipakai pada waktu itu adalah gelar raja-raja Mesir.





Pada Tanggal 7 Maret 1963 di Medan diadakan seminar tentang masuknya Islam di Indonesia dengan kesimpulan:

a. Islam masuk ke Indonesia pada abad VII M langsung dari Arab

b. Daerah pertama yang didatangi Islam adalah Pesisir Sumatera dan Kerajaan Islam pertama adalah Samudera Pasai.

c. Pada awalnya, Islam disebarkan oleh orang asing yang beragama Islam, pada tahap berikutnya, umat Islam Indonesia turut aktif dalam penyebaran Islam.

d. Mubalig (penyebar Islam) merangkap sebagai pedagang.

e. Islamisasi dilakukan dengan cara damai, dan

f. kedatagan Islam mendorong lahirnya peradaban bangsa Indonesia. [2]





B. PERTUMBUHAN LEMBAGA SOSIAL DAN LEMBAGA POLITIK PADA PUSAT-PUSAT PENYEBARAN ISLAM DI ASIA TENGGARA.

Sebelum Islam datang , Indonesia telah berkuasa kerajaan-kerajaan Hindu dan Budha. Diantaranya, ada kerajaan Bahari terbesar yang menguasai dan mengendalikan pulau-pulau di Nusantara, yaitu Kerajaan Sriwijaya di sekitar Palembang, Sumatera Selatan Singasari, selanjutnya yaitu Majapahit.

Pada abad ke-7, Islam belum menyebar luas secara merata ke seluruh penjuru Nusantara, karena pengaruh agama Budha masih memegang peranan di Kerajaan Sriwijaya, terutama dalam kehidupan Sosial, politik, perekonomian dan kebudayaan. Pada Awal abad ke-13 M, kerajaan ini memasuki masa kemunduran. Dalam kondisi seperti ini, pedagang-pedagang muslim memanfaatkan politiknya dengan mendukung daerah-daerah yang muncul dan menyatakan diri sebagai kerajaan yang bercorak Islam. Mereka tidak hanya membangun perkampungan pedagang yang bersifat ekonomis, tetapi juga membentuk struktur pemerintahan yang dikehendaki.

Sementara itu di kerajaan Majapahit setelah Patih Gajah Mada meninggal dunia (1364 M), dan Hayam Wuruk (1389 M), situasi politik Maajapahit goncang dan terjadi perebutan kekuasaan di kalangan keluarga istana. Bersamaan dengan melemahnya Majapahit, Islam di Jawa mendapatkan posisi yang menguntungkan sehingga di bawah bimbingan spiritual Sunan Kudus, Demak akhirnya berhasil menggantikan Majapahit sebagai keraton pusat.

Uraian di atas menunjukkan bahwa cikal-bakal kekuasaan Islam sudah dirintis sejak abad ke-7 M. Tetapi semuanya tenggelam dalam hegemoni Maritim Sriwijaya yang berpusat di Palembang dan kerajaan Hindu Jawa, seperti kerajaan Medang, Kediri, Singasari, dan Majapahit di Jawa Timur. Kemudian Islam menempati struktur pemerintahan ketika komunitas muslim sudah kuat yang bersamaan dengan suramnya kondisi politik kerajaan-kerajaan Hindu dan Budha.

Islam sebagai agama yang memberikan corak kultur bangsa Indonesia dan sebagai kekuatan politik yang menguasai struktur pemerintahan sebelum datangnya Belanda dapat dilihat dari munculnya kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara ini, antara lain di Sumater, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. [3]





1. Islam Sumatera

Ada tiga Kerajan Islam terkenal di Sumatera yang telah memosisikanIslam sebagai agama dan sebagai kekuatan politik yang mewarnai corak sosial budayanya, yaitu Perlak, Pasai, dan Aceh.

Perlak merupakan kerajaan Islam pertama di Sumatera Utara yang berkuasa pada tahun 225-692 M. Dengan Raja pertamanya Sultan Alaiddin Syed Maulana Abdul Aziz Shah (225-249 H. / 840-864 M). Hal ini sesuai dengan berita Marcopolo ( pengembara Itali yang tiba di Sumatera) yang menyatakan bahwa pada masa itu (abad ke-8 M), Sumatera terbagi menjadi delapan buah kerajaan yang semuanya menyembah berhala, kecuali sebuah saja, yaitu Perlak yang berpegang pada Islam. Hal ini karena ia selalu didatangi pedagang-pedagang Saracen (muslimin) yang menjadikan penduduk bandar ini memeluk undang-undang Muhammad (undang-undang Islam).

Sistem pemerintahan yang diterapkan oleh kerajaan Islam Perlak pada dasarnya mengikuti sistem pemerintahan yang dilaksanakan oleh Daulah Abbasiyah (750-1258 M), yaitu kepala pemerintahan / kepala badan eksekutif dipegang oleh sultan dengan dibantu olleh beberapa wazir, yaitu Wazir As-Siyasah (bidang politik); Wazir Al-Harb ( bidang keamanan/pertahanan); Wazir Al-Maktabah (bidang administrasi negara);Wazir Al-Iqtishad (bidang ekonomi dan keuangan); dan Wazir Al-Hukkam (bidang kehakiman). Selain itu, sebagai penasihat pemerintah yang bertugas mendampingi sultan dan wazirnya, dibentuk sebuah lembaga yang disebut Majelis Fatwa di bawah pimpinan seorang ulama yang berpangkat Mufti.

Penjelasan ini menunjukkan bahwa Islam, baik sebagai kekuatan sosial agama maupun sebagai kekuatan sosial-politik, pertama-tama memperlihatkan dirinya di Nusantara ini adalah di Negeri Perlak. Dari negeri inilah, pertama kalinya Islam memancar ke pelosok tanah air Indonesia. Kerajaan Islam Perlak terus hidup merdeka sampai dipersatukannya dengan kerajaan Samudera Pasai pada zaman pemerintahan Sultan Muhammad Malik Ad-Dzahir Ibn Al-Malik Ash-Shaleh (688-1254 H / 1289-1326 M).[4]

Sultan Al-Malikal-Shaleh (1297 M) adalah raja pertama dari kerJN Smudera. Beliau kemudian menikah dengan puteri raja Perlak dan memiliki dua anak. Oleh karena itu, dua kerajaan ini kemudian digabung menjadi kerajaan Samudera Pasai. Kerajaan ini bertahan lama sampai ditundukkan oleh Portugis (1521 M).

Para pedagang muslim mengislamkan penduduk urban; sedangkan di daerah pedalaman tetap melanjutkan tradisi lama mereka. Cerita tentang kerajaan ini terdapat dalam sejumlah literatur berdasarkan perjalanan Marco Polo, Ibn Bathuthah, dan Fe-Hien (dari Cina).[5] Kerajaan Samudera pasai berlangsung sampai tahun 1524 M. Dianeksasi oleh raja Aceh, Ali Mughayatsyah. Selanjutnya, kerajaan Samudera Pasai berada dibawah Pengaruh kesultanan Aceh yang berpusat di Bandar Aceh Darussalam. Ali Mughayatsyah (1514-1530 M) telah banyak berjasa dalam berbagai aspek keislaman.

a. Dalam bidang politik, sultan berupaya menghadang penjajah Portugis Kristiani dengan memprakarsai negara Islam bersatu, yaitu menyatukan tenaga politik Islam di dalam sebuah negara yang kuat dan berdaulat yang diberi nama “Aceh Besar” (1514).

b. Dalam bidang pemerintahan, baginda raja telah meletakkan Islam sebagai asas kenegaraaan, bahkan beliau melarang orang-orang bukan Islam untuk memangku jabatan kenegaraan atau meneruskan jabatannya.

c. Dalam bidang dakwah, dibangun pusat Islam yang megah, dihimpun para ulama dari juru dakwah, serta menyuruh jihad memerangi penyembah berhala dan syirik. Pada masa Sultan Alauddin Ri’ayat Syah (abad ke-16), Aceh dikenal sebagai negara Islam yang perkasa dan menjadi pusat penyebaran Islam yang yang besar di Nusantara.

d. Dalam bidang hukum, syari’at Islam ditegakkan , bahkan raja telah menghukum mati anaknya karena kezaliman dan jinayat (pidana). Dari Pasai dan Aceh, Islam memancar keseluruh pelosok Nusantara yang terjangkau oleh para juru dakwahnya.





2. Islam di Jawa

Ahli-ahli sejarah tampaknya sependapat bahwa penyebar Islam di Jawa adalah para Wali Songo. Mereka tidak hanya berkausa dalam lapangan keagamaan, tetapi juga dalam hal pemerintaha dan politik. Bahkan , sering kali seorang raja seakan-akan baru sah sebagai raja kalau ia sudah diakui dan diberkahi oleh Wali Songo.

Islam telah tersebar di pulau Jawa, paling tidak sejak Malik Ibrahim dan Maulana Ishak yang bergelar Syaikh Awal Al-Islam diutus sebagai juru dakwah oleh Raja Samudera, Sultan Zainal Abidin Bahiyah Syah (1349-1406) ke Gresik.dalam percaturan politik, Islam mulai memosisikan diri ketika melemahnya kekuasaan Majapahit yang memberi peluang kepada penguasa Islam di pesisir untuk membangun pusat-pusat kekuasaan yang independen. Di bawah pimpinan sunan Ampel, Wali Songo bersepakat untuk mengangkat Raaden Patah sebagai raja pertama kerajaan Islam Demak, Mataram, Cirebon, dan Banten. Dalam mendirikan negara Islam tersebut, peranan Wali Songo sangat besar. Misalnya Sunan Gunung Djati mendirikan kerajaan Mataram yang pengaruhnya sampai ke Makasar, Ambon, dan Ternate.

Disamping kekuatan politik Islam yang memberi konstribusi besar terhadap perkembangannya, Islam juga hidup di masyarakat dapat memberi dorongan kepada penguasa non-muslim untuk memeluknya. J.C. Van Leur menyebutkan bahwa motivasi bupati pantai utara Jawa memeluk Islam bertujuan untuk mempertahankan kedudukannya. Dengan kata lain, para Bupati telah menjadikan agama Islam sebagai Instrumen Politik untuk memperkuat kedudukannya.

Keterangan ini memberikan gambaran kepada kita bahwa agama Islam di Jawa pada masa kerajaan Islam telah menjadi agama rakyat. Para penguasa / bupati pesisir memeluknya karena tanpa ada konversi agama, tampaknya kedudukan mereka tidak dapat dipertahankan.[6]





3. Islam di Kalimantan, Maluku, dan Sulawesi

Pada awal abad ke-16. Islam masuk ke Kalimantan Selatan, yaitu di kerajaan Daha (banjar) yang beragama Hindu. Berkat bantuan Sultan Demak, Trenggono (1521-1546), Raja Daha dan rekyatnya masuk Islam sehingga berdirilah Islam Banjar, dengan Raja pertamanya Pangeran Samuderayang diberi gelar Pangeran Suryanullah atau Suriansah.

Di Kalimantan Timur (Kutai) pada tahun 1575, yaitu Tunggang Parangan mengislamkan raja Mahkota. Sejak baginda raja masuk Islam, terjadilah proses Islamisasi di Kutai terutama oleh putranya, dan pengganti-penggantinya meneruskan perang ke daerah-daerahnya.

Pada abad ke-10 dan ke-11, di Maluku sudah ramai perniagaan rempah-rempah, terutama ceengkeh dan pala yang dilakukan oleh para pedagang Arab dan Persia. Tentunya, pada saat itu telah terjadi sentuhan pedagang muslim dengan rakyat Maluku yang membentuk komunitas Islam. Dengan derasnya gelombang pedagang muslim dan atas ajaka Datuk Maulana Husain, di Ternate, Raja Gafi Bata menerima Islam dan namanya berganti menjadi Sultan Zaenal Abidin (1465-14860. Di Tidore, datang seorang pendakwah dari tanah Arab yang bernama Syekh Mansur dan atas ajakannya, Raja Tidore yang bernama Kolana masuk Islam dan berganti nama menjadi Sultan Jamaluddin. Di Ambon Islam datang dari Jawa Timur (Gresik) yang berpusat di kota pelabuhan Hitu pada tahun 1500 M. Disaat Islamisasi berlangsung, Portugis melancarkan Kristenisasi di Ternate pada tahun 1522 M. Namun, usahanya tidak banyak berhasil. Pada masa Sultan Baabullah (1570-1583), benteng pertahanan Portugis di Ambon di taklukkan.

Di Sulawesi, Raja Gowa – Tallo, I Mangarangi Maurobia, atas ajakan Datuk Rianang masuk Islam pada tahun 1605 dengan gelar Sultan Alauddin di Talo raja I Malingkoan Daeng Nyonri Kareng Katangka pada tahun yang sama masuk Islam dengan gelar Sultan Abdullah Awal Islam. Setelah itu, Islam tersebar ke Luwu, Waio(1610); Soppengdan Bone (1611).

Berkenaan dengan proses pembentukan negara atau kerajaan Islam tersebut di atas, menurut Taufik Abdullah, setidak-tidaknya ada tiga pola pembentukan budaya yang tampak dari proses tersebut, yaitu:

1. Pola Samudera Pasai; akhirnya Samudera Pasai berlangsung melalui perubahan dari negara yang segmenter ke negara yang terpusat. Kerajaan ini bukan hanya berhadapan dengan golongan-golongan yang belum di tundukkan dan diislamkan dari wilayah pedalaman, tetapi juga harus menyelesaikan pertentangan politik serta pertentangan keluarga yang berkepanjangan. Dalam proses perkembangannya menjadi negara terpusat Samudera Pasai juga menjadi pusat pengajaran agama. Reputasinya sebagai pusat agama terus berlanjut walaupun kemudian kedudukan ekonomi dan politiknya menyusut. Dengan pola ini, Samudera Pasai memiliki “kebebasan budaya” untuk memformulasikan struktur dan sistem kekuasaan yang mencerminkan tentang dirinya.

2. Pola Sulawesi Selatan; pola islamisasi melalui keraton atau pusat kekuasaan. Proses Islamisasi berlangsung dalam suatu struktur negara yang telah memiliki basis legitimasi geneologis. Konversin agama menunjukkan kemampuan raja. Penguasa terhindar dari penghinaan rakyatnya dalam masalah kenegaraan. Pola ini digunakan di Sulawesi Selatan, Maluku, dan Banjarmasin. Islamisasi di daerah ini tidak memberi landasan bagi pembentukan negara. Islam tidak mengubah desa menjadi suatu bentuk baru dari organisasi kekuasaan. Konversi agama dijalankan, tetapi pusat kekuasaan telah ada lebih dahulu.

3. Pola Jawa; di Jawa Islam mendapatkan suatu sistem politik dan struktur kekuasaan yang telah lama mapan. Ketika kekuasaan raja melemah, para saudagar kaya diberbagai kadipaten di wilayah peisir mendapat peluang besar untuk menjauhkan diri dari kekuasaan raja. Mereka tidak hanya masuk Isla, tetapi juga memasuki pusat-pusat politik independen. Setelah keraton besar goyah, keraton-keraton kecil bersaing menggantikan kedudukannya. Ketika abad ke-14 komunitas muslim sudah besar, bersamaan dengan melemahnya Majapahit, Demak tampil menggantikan kedudukannya. Dengan posisi baru ini, Demak tidak saja menjadi pemegang hegemoni politik, tetapi juga menjadi “jembatan penyeberangan” Islam yang paling penting di Jawa. Tidak seperti pola Samudera Pasai, Islam mendorong pembentukan negara yang supradesa, juga tidak seperti Gowa-Talo, keraton kemudian yang diislamkan, di Jawa, Islam tampil sebagai penantang, untuk kemudian mengambil alih kekuasaan yang ada. Jadi, yang tampil adalah suatu dilema kultural dari orang baru di dalam bangunan politik yang lama.[7]


























[1] Dr.H. Jaih Mubarok, M.Ag. 2004. Sejararah Peradaban Islam. Hal:145-146


[2] Dr.H. Jaih Mubarok, M.Ag. 2004. Sejararah Peradaban Islam.Hal:146-147






[3] Dedi Supriyadi, M.Ag.2008. Sejarah Peradaban Islam. Hal:192-193


[4] Ibid. Hal:193-195


[5] Dr.H. Jaih Mubarok, M.Ag. 2004. Sejararah Peradaban Islam.Hal:147






[6] Dedi Supriyadi, M.Ag.2008. Sejarah Peradaban Islam. Hal:196


[7] Dedi Supriyadi, M.Ag.2008. Sejarah Peradaban Islam. Hal:197-199

Minggu, 08 Mei 2016

Sadiq Khan anak Supir Bus Inspirasi Walikota Muslim Pertama di London Inggris

Tak menyangka Sadiq Khan yang dilahirkan di London pada 1970 dan dibesarkan di rumah susun dengan enam kakak dan adik perempuannya di Tooting, daerah di London selatan dengan etnis beragam ini menjadi wali kota muslim pertama di Inggris. Khan mengawali karirnya dengan menjadi pengacara hak asasi manusia kemudian ia berhenti. Ia bergabung dengan Partai Buruh pada saat usianya baru menginjak 15 tahun dan ditunjuk sebagai salah satu anggota majelis di daerah yang dikuasai Partai Konservatif di London, Wandsworth, pada tahun 1994.
Hasil pemungutan suara untuk pemilihan wali kota Kamis (05/05) waktu setempat, menunjukkan calon Partai Buruh yang mengusung Sadiq Khan meraih 44,2% suara sementara saingan terdekatnya Zac Goldsmith dari Partai Konservatif mendapat 35% suara. London memilih Sadiq Khan sebagai wali kota, seorang muslim putra dari supir bus asal Pakistan yang sempat dituduh memiliki kaitannya dengan ekstremisme dan terorisme oleh lawan politiknya.
Seorang anggota parlemen dari Partai Konservatif, Andrew Boff, mempertanyakan kampanye negatif yang dilakukan Goldsmith yang mengaitkannya dengan seorang radikal. Boff mengatakan kepada BBC, bahwa pendekatan negatif yang semacam ini dapat merusak hubungan Partai Konservatif dengan berbagai komunitas di London.
Pria yang juga pernah menjadi seorang anggota parlemen untuk Tooting pada 2005 ini dituduh oleh partai Konservatif dengan ekstremisme Islam, tetapi ia mengecam radikalisme.
Dalam tanya jawab yang diselenggarakn parlemen akhir April lalu, Perdana Menteri Inggris David Cameron mempertanyakan Khan untuk hadir dalam sebuah acara yang sama dengan pria yang disebut mendukung gerakan yang menyebut diri dengan negara Islam atau ISIS.
Pada kesempatan itu, Cameron menyatakan, “Saya khawatir tentang calon dari (Partai) Buruh, yang muncul lagi dan lagi dan lagi (dalam acara yang sama dengan Suliman Gani di daerah pemilihannya, Tooting),” yang kemudian diinterupsi oleh anggota partai buruh yang hadir saat itu dengan teriakan ‘memalukan’.
Khan terpilih dengan keunggulan cukup besar dari Zac Goldsmith, yang juga menuduhnya terkait dengan terorisme.

Catatan Luka Mengungsi di Negeri Sendiri, Perjuangan Ustaz Lolos dari pembantaian setelah Ribuan luka Penyiksaan


Umat Islam sarungkan pedang, tapi mereka tidak kenal ampun jadi korban pembantaian. riwayat pembantaian Umat Islam Maluku Th. 1999 (Idul Fitri Berdarah), selanjutnya meneruskan pembantaiannya lebih dahsyat pada Umat Islam di Poso (Tahun 2000), Beberapa ratus Nyawa Melayang di Pesantren Wali Songo.

Berita duka dari Desa Togolu, Kecamatan Lage, Poso, demikian menggetarkan hati semuanya warga. Beberapa ratus nyawa sudah melayang di pesantren Wali Songo yang terdapat di wilayah itu, belum lagi mereka yang luka-luka serta melarikan diri penuh dengan ketakutan. Demikianlah kesaksian Nyonya Ani, istri komandan Kodim 1307 Poso.

" Mayat yang telah teridentifikasi sekitaran 200 orang, " sekian Nyonya Ani menerangkan.

Sesaat, Kantor Berita Pada menjelaskan, beberapa ratus penghuni pesantren Wali Songo di Km. Sembilan (Desa Togolu) Kecamatan Lage Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, " hilang " serta disangka kuat lari menyelamatkan diri waktu Grup perusuh lakukan penyerangan tanggal 28 Mei 2000.

Beberapa saksi mata yang didapati Pada di Palu serta Poso--205km timur Palu Senin menyampaikan, penyerangan grup perusuh hari Minggu itu di pondok pesantren itu menyebabkan banyak korban tewas, tetapi sebagian salah satunya berhasil menyelamatkan diri lari ke bebrapa hutan di sekitaran pasantren itu.

Disiksa Dahulu Sebelumnya Di Bunuh

Beberapa saksi mata tak merinci jumlah korban yang dibantai ditempat itu, tetapi mereka memprediksi beberapa besar dari beberapa puluh mayat yang tenggelam di Sungai Poso yaitu penghuni pondok pesantren Wali Songo.

Bahkan juga salah seseorang aparat keamanan setempat menyampaikan lima dari beberapa puluh mayat penuh bacokan sekujur badannya serta terikat jadi satu yang diketemukan mengapung di Sungai Poso peluang yaitu penghuni pondok pesantren itu.

Komandan Kodim 1307 Poso Letkol Inf Budiardjo pada Pada di Poso Senin, waktu mengikuti Pangdam VII/Wirabuana Mayjen TNI Slamet Kirbiantoro menyampaikan, belum bisa meyakinkan nasib beberapa ratus penghuni pesantren itu.

Tetapi ia membetulkan kalau bila merujuk pada laporan stafnya di lapangan memanglah benar berlangsung penyanderaan serta pembantaian di pesantren Wali Songo.

Pasukan TNI yang tergabung dalam " Operasi Cinta Damai' saat ini repot menghimpun bukti-bukti pembantaian di sekitaran pesantren itu serta menurut Dandim Budihardjo bakal selekasnya ditindak-lanjuti sesudah pihak TNI lakukan operasi pembersihan di lokasi itu.

Budiardjo menyampaikan TNI-Polri juga masihlah lakukan penyelidikan intensif pada mayat-mayat yang belum diidentifikasi petugas sekalipun beberapa besar telah dikuburkan di pemakaman Tegal Rejo.

Saat di tanya jumlah mayat yang diketemukan petugas di Pesantren Wali Songo, Budiardjo menyampaikan belum tahu tentu sebab setiap ada mayat yang diketemukan sesudah dirawat seadanya segera dimakamkan.

Korban Pembantaian

" Saya memprediksi mayat-mayat yang diketemukan tenggelam di Sungai Poso datang dari sana (Pesantren Wali Songo) sebab tempat pasantren itu ada dibagian hulu Sungai Poso, " katanya.

Berdasar pada data sesaat, jumlah mayat yang diketemukan Masyarakat telah meraih 146 sosok serta 60 sosok salah satunya diketemukan masyarakat mengambang di Sangai Poso, serta yang lain diketemukan masyarakat di tiga titik bentrokan, yaitu Kelurahan Sayo, Kelurahan Mo'engko serta Desa Malei di pinggir selatan kota Poso.

Wartawan Pada melaporkan dari Poso kalau sampai hari Senin di tempat pasantren itu masihlah tercium bau bangkai. Bau begitu menyengat juga tercium di selama poros jalan Poso-Parigi di Kecamatan Poso Pesisir terlebih di daerah rawa yang ditumbuhi banyak pohon sagu.

Panglima Kodam VII Wirabuana, Mayjen TNI Slamet Kirbiantoro menyampaikan kalau pihaknya telah memerintahkan Kodim Poso untuk mengusut selesai masalah pembataian di pesantren Wali Songo itu.

" Saya sudah memerintahkan Dandim 1307 Poso (Letkol Inf Budihardjo) untuk mengusut selesai masalah ini, " kata Jenderal berbintang dua itu.

Cerita Pengasuh Ponpes Wali Songo Poso Yang Selamat Diikat serta Disiksa, Lolos Melalui Sungai

Masalah pertikaian di Poso bukan sekedar membawa korban serta kerugian materil, namun juga jadi beban orang-orang lain yg tidak berdosa. Tersebut narasi yang dihidangkan dalam gaya bertutur dari dua pengasuh Pondok Pesantren Wali Songo, Ilham (23) yang selamat dari penyanderaan, sesudah Pondok Pesantren (Ponpes) Wali Songo dibumihanguskan.

PADA waktu itu hari Kamis (1/6) kami masihlah ada di rimba berbarengan adik-adik (santri, red) yang lain. Sesudah di tangkap, mereka memisahkan kami. Wanita jalan selalu, sedang kami diminta tetaplah tinggal di hutan.

Sesudah adik-adik santri serta ibu-ibu pergi, kami semuanya diminta buka pakaian. Tangan kami diikat satu per satu. Jumlah kami waktu itu ada 28 orang, menurut hitungan mereka (penyandera, red). Terbagi dalam enam orang dari pesantren serta masyarakat umum.

Sesudah diikat dengan tali nilon, kabel atau sabut kelapa, kami digandeng setiapLIMA ORANG. Saya sendiri diikat tiga ikatan. Kami digiring jalan melalui rimba, tembus di satu desa Lembomao. Disana kami berhenti sebentar. Mereka sepertinya memanggil pemimpinnya. Waktu itu juga pemimpinnya keluar serta memerintahkan anggotanya untuk membawa.

Kami digiring lagi jalan melalui jembatan gantung tembus di desa Ranononcu, selalu dibawa ke Baruga. Disana kami disiksa dalam kondisi berdiri, berbanjar bikin dua barisan. Kemudian tangan kami ditambah ikatannya. Saya sendiri diikat dengan tali sabut kelapa lalu ditambah dengan tali nilon warna biru, lalu diikat dengan kabel.

Kemudian kami disiksa begitu sadis. Tubuh kami iris-iris, ditendang, dipukul, pokoknya telah semua jenis penyiksaan, ada yang dipukul dengan gagang pedang, ada yang dengan popor senjata. Saya telah tidak paham lagi dengan alat apa semuanya yang mereka pakai memukul kami.

Sesudah disiksa mereka keluarkan pertanyaan pada kami. pertanyaan pertama. Siapa yang tahu mengaji? Pertanyaan ke-2 siapa guru mengaji? Serta yang ketiga, siapa yang pernah naik mimbar, serta pertanyaan ke empat, siapa yang imam. Ketika itu, kami tak ada yang mengakui.

Luka Akibat Siksaan
Sesudah disiksa, sebagian tubuh kami iris serta sesudah di taruh tanah, disiram air panas. Sekitaran lebih kurang dua jam kami disiksa ditempat itu, kami dinaikkan ke mobil. Mereka tujukan ke arah atas. Menurut penilaian kami waktu itu ke arah Desa Togolu. Hingga di situ mereka giring ke tepi kuala Poso.

Hingga di pinggir kuala kami diminta turun. Saya sendiri loncat dari mobil itu. Saya lihat rekan saya telah dibacok satu orang. Serta waktu itu, saya segera memutuskan, lari menuju kuala itu yang jaraknya lebih kurang 10 mtr..

Sebelumnya kami turun dari mobil, mereka telah berdiri untuk melindungi kami di tepi kuala itu. Yang anehnya untuk saya. Mungkin saja telah gerakan Allah, ketika saya lari diantara mereka tak ada yang bergerak.

Sekitaran satu mtr. lagi dari pinggir kuala, saya telah terjun. Serta mendadak ikatan yang mengikat tangan saya lepas. Sesudah saya terjun ke kuala baru mereka mengambil gerakan. Ada yang menembak, namun alhamdulillah -saya berenang, nampak lagi untuk mengambil nafas sedikit, mereka menembak lagi. Menyelam lagi saya, hingga waktunya sekitaran satu menit, baru saya hingga ke seberang kuala, dalam keadaan tubuh saya yang telah teriris-iris.

Sesudah saya hingga, saya segera naik ke daratan. Lari ke rimba. Saya prediksikan serta lihat mereka tak terlihat lagi, saya balik ke kuala. Saya masuk melebur kembali mencari tempat yang aman - memperoleh tepi kuala, ada rumput yang tutup. Saya masuk di semak-semak rumput itu. Tubuh saya 1/2 di air, 1/2 diatas.

Mayat Korban Pembantaian Di Buang Ke Sungai

Serta waktu itu mereka mengadakan pencarian pada saya. Mereka melalui, saya saksikan mereka. Namun mereka tak lihat saya. Ketika itu waktunya, saya prediksikan jam 04. 00 sore. Sekitaran dua jam saya merendam di kuala, untuk menanti saat malam.

Sesudah malam, saya naik ke darat untuk mengambil alat renang. Saya cabut pohon pisang. Sesudah saya cabut, saya segera buang ke kuala, saya pakai untuk menolong berenang. Baru sekitaran 10 mtr. saya berenang, mereka telah hadang di depan dengan senternya yang demikian jelas. Saya lihat senter mereka itu seperti senter mobil. Jadi mustahil gunakan baterei, mungkin saja telah menggunakan accu (aki, red) atau alat mutakhir lain.

Ketika itu saya bebaskan pohon pisang yang saya gunakan. Saya menyeberang kembali, mendekati kembali pinggir kuala itu. Kemudian mendadak saya saksikan ada tiga orang yang melalui kuala. Mungkin saja rekan-rekan saya, yang masihlah ada di rimba, yang belum tertangkap ketika itu. Serta alhamdulillah, tiga orang melalui itu lolos.

Lalu melalui lagi tiga orang naik perahu, serta ini terlihat oleh pengejar. Mereka segera menguber dengan perahu juga. Dua yang lolos ketika itu. Satu orang tertangkap. Dia berteriak-teriak " Saya tak salah ". Kedengarannya mereka menyiksa. Serta ketika itu mendadak terdengar nada letusan. Serta teriakan itu segera lenyap.

Korban Pembantaian Dibuang Ke Sungai Poso
Kemudian, saya memikirkan, bermakna saya ini bakal tertangkap juga bila saya lanjutkan untuk berenang. Saya ke darat serta duduk berdoa. Ya Allah turunkan lah hujan, ya Allah. Agar mereka menghindar dari pinggir kuala itu.

Dalam kurun saat lebih kurang 1/2 jam, yang awalnya bintang-bintang lengkap di langit. Mendadak gelap serta segera turun hujan. Sesudah hujan turun, saya lari ke atas sekitaran 20 mtr.. Lalu saya masuk lagi kedalam kuala, serta saya teruskan berenang.

Dalam jarak 10 mtr. lagi saya berenang ke bawah, ada lagi mereka yang menghadang di depan. Saya naik lagi ke daratan. Duduk saya di daratan sekitar lebih kurang satu jam. Tubuh saya sepertinya telah tidak dapat lagi digerakkan, dengan rasakan luka, kedinginan. Rasa-rasanya tubuh saya telah tak dapat lagi bergerak.

Ketika itu, saya memikirkan. Bila siang disini, saya sembunyi di mana lagi. Sesudah pemikiran itu nampak kepasrahan, saya berdoa : bismillahi tawaqqaltu alallahi la haula wala quwata illah billah. Saya berdiri, lantas mencari alat bantu renang lagi. Alhamdulillah, saya ketemukan satu biji kelapa kering. Saya bawa kembali pada kuala.

Sesudah saya masuk, melebur kembali pada kuala, rasa-rasanya tubuh ini telah kuat kembali. Tangan serta kaki saya, yang awal mulanya telah tak dapat digerakkan, sesudah saya melebur ke kuala, tubuh saya merasa sembuh kembali. Sepertinya tak ada luka yang menempel.

Kemudian saya berenang hingga melalui tepi kuala itu. Tiap-tiap pinggir kuala tetaplah juga mereka jagalah. Namun telah tidaklah terlalu ketat. Lantaran hujan turun selalu. Saya dapatkan jembatan yang saya lalui pertama ketika kami menuju di desa Ranononcu itu. Mereka berjaga di jembatan itu, alhamdulillah saya masihlah pernah lolos. Lalu selalu lagi, temukan lagi jembatan satu. Yang pertama jembatan gantung Ranononcu serta yang kedua jembatan gantung Lembomawo.

Kemudian, saya selalu teruskan berenang. Serta jika mereka mencari, menyenter dari samping, saya menghindar, menyeberang ke samping. Jadi, saya memotong-motong kuala Poso itu, yang jaraknya, yang dimaksud orang kerap ambillah korban manusia, ada buaya sepertinya telah tak akan saya pikirkan.

Kemudian, saya tiba di jembatan II Poso, yang direncanakan untuk jadikan " kriminil dua ". Sesudah mendekati jembatan itu, saya lihat pancaran sinar. Lampu mereka demikian jelas. Mereka menggunakan lampu sorot. Mereka pancarkan ke kuala itu. Kualanya jelas sekali. Jadi apa pun yang melalui, kayu sepenggal juga yang melalui, terlihat dalam kuala itu. Tetaplah saya selalu serta berhenti di jembatan itu.

Saya berhenti dibawah jembatan serta berdiri dan duduk bertukaran sembari memikirkan, bagaimana langkahnya dapat lolos. Sedang kuala ini jelas sekali. Memikirkan saya di situ sekitaran satu jam. Bagaimana langkahnya, tak ada hasil. Sepertinya, dengan cara jernih saya tak dapat lagi untuk memikirkan, bagaimana langkahnya untuk lolos.

Kemudian, saya terpikir dalam satu firman " Janganlah takut Allah berbarengan kita ". Saya membaca doa bismillahi tawaqqaltu alallahi la haula wala quwata illah billah. Semua daya serta kemampuan saya serahkan pada Allah seutuhnya. Nampak kepercayaan saya ketika itu, saya segera meloncat berenang ke kuala.

Sesudah saya mendekati lampu itu, mendadak lampunya segera mati.

Saya memikirkan bebrapa
janganlah saya dijebak, dengan berniat mematikan senter, supaya saya selalu berenang. Serta sesudah melalui tempat jelas itu baru lampunya menyala. Tidak paham kenapa lampu mereka mati. Bermakna mereka sesungguhnya bukanlah menjebak saya. Namun memanglah benar lampunya mati ketika itu. Mungkin saja telah digariskan oleh Allah. Telah memberi pertolongan ketika itu pada saya.

Sebagai manusia umum, yang telah luka kronis, muka saya telah hancur dipukul, mungkin saja tak dapat meneruskan perjalanan. Namun kemampuan yang ada, saya meneruskan berenang melalui jembatan serta mendadak saya mendegar nada azan. Bermakna mengisyaratkan saat subuh atau pagi sudah tiba. Saya semakin cepat berenang sebelumnya jelas, lantaran bila telah siang mereka bakal dapatkan saya.

Sekitaran jam 6 pagi saya mendengar nada pengumuman yang mengatakan nama kompi. Saya memikirkan kalau itu yaitu asrama tentara serta segera mendekati. Di dekat tempat asrama saya lihat seseorang pemuda serta saya tanyakan aslinya. Saya juga bertanya kenapa ada di sini serta pemuda itu menyampaikan dianya pengungsi. Saya bertanya lagi agamamu apa, serta dia menjawab agama Islam.

Sewaktu dia menjawab Islam, saya segera menyampaikan tolong, serta dia juga segera membantu saya membawa ke asrama kompi serta dirawat. Ketika disiksa, saya lihat seseorang aparat tentara yang juga saya telah pernah lihat terlebih dulu. Saat di kompi saya juga lihat tentara itu, kami pernah berpapasan mata lalu tentara itu segera pergi. Saya periksa di semuanya ruang tentara itu tak ada. Saya meyakini dia yaitu tentara yang saya saksikan saat saya disiksa. (ud/jpnn)

Jejak Kelalawar Hitam, Pembantai Muslim Poso

Beberapa ratus Muslim Poso dibantai, pelakunya yaitu grup orang terlatih bernama Kelalawar Hitam. Investigasi Sahid di lapangan tunjukkan terkecuali dipicu masalah politik lokal ada keterlibatan tokoh-tokoh di Jakarta.

Beberapa puluh warga Pesantren Walisongo itu dibariskan menghadap Sungai Poso. Mereka dikumpulkan dalam kelompok-kelompok yang sama-sama terikat. Ada yang tiga orang, lima, enam atau delapan orang. Beberapa pemuda dipadukan dengan pemuda dalam satu kelompok. Tangan mereka semuanya terikat ke belakang dengan kabel, ijuk, atau tali rafiah yang satu dengan yang lain sama-sama ditautkan.

Anak-anakpun Jadi Korban Pembantaian

Satu aba-aba memerintahkan agar mereka membungkuk. Secepat kilat pedang yang dipegang beberapa algojo haus darah itu memenggal tengkuk mereka. Berbarengan dengan itu, terdengar teriakan takbir. Ada yang kepalanya segera lepas, ada juga yang 1/2 lepas. Ada yang anggota tubuhnya terpotong, ada juga tubuhnya terbelah. Darah segarpun muncrat. Saat itu juga sebagian tubuh yg tidak berdosa itu berjatuhan ke sungai.

Berbarengan dengan terceburnya beberapa orang yang dibantai itu, air sungai Poso yang terlebih dulu bening beralih warna jadi merah darah. Sebentar badan beberapa orang yang dibantai itu menggelepar meregang nyawa sembari ikuti aliran sungai. Tak semua meninggal saat itu juga, masihlah ada yang bertahan hidup serta berupaya menyelamatkan diri. Tetapi regu tembak siap menghabisi nyawa korban sebelumnya memperoleh ranting, dahan, batang pisang, atau apa pun untuk menyelamatkan diri.

Tersebut satu diantara babak dalam tragedi pembantaian ummat Islam di Poso, Sulawesi Tengah sekian waktu lalu. Warga Pesantren Walisongo adalah satu diantara tujuan yang dibantai. Di komplek pesantren yang terdapat di Desa Sintuwulemba, Kecamatan Lage, Poso ini tak kurang 300-an orang yang tinggal. Dari mulai ustadz, santri, pembina, serta istri pengajar dan anak-anaknya.

Korban Pembantaian, Disiksa Dengan cara Biadab
Tak satupun orang yang tersisa di komplek pesantren itu. Beberapa besar dibantai, beberapa yang lain lari ke rimba menyelamatkan diri. Bangunan yang ada dibakar serta diratakan dengan tanah. Pesantren Poso cuma tinggal puing-puing belaka.

Ilham (27) hanya satu ustadz Pesantren Walisongo yang ikut dibantai tetapi selamat sesudah mengapung sebagian km. ikuti aliran sungai Poso, menjelaskan pada Sahid, sebelumnya dibantai mereka alami penyiksaan terlebih dulu. Mereka dihimpun didalam masjid Al Hirah. Disanalah warga pesantren Walisongo yang telah menyerah itu dibantai. Ada yang ditebas lehernya, dipotong anggota tubuhnya, sebelumnya pada akhirnya diangkut truk ke tepi Sungai Poso.

Sungai Poso jadi saksi bisu pembantaian ummat Islam, terutama warga Pesantren Walisongo. Mayat-mayat mereka tenggelam di Sungai Poso serta terbawa tak tahu hingga ke mana. Belum ada angka yang tentu jumlah korban dalam pembantaian itu.

Seseorang warga Kelurahan Kayamanya, Kecamatan Poso Kota, Syahrul Maliki, yang daerahnya dilalui aliran sungai Poso serta terdapat sembilan km. dari ladang pembantaian, menjelaskan pada Sahid, Dari pagi sampai siang saja, saya mengkalkulasi ada 70-an mayat yang tenggelam terbawa arus, selanjutnya saya tak mengkalkulasi lagi, tuturnya.

Anak-anakpun Jadi Korban.. BIADAB!
Sesaat Pos Keadilan Perduli Ummat (PKPU) melaporkan jumlah mayat yang diketemukan di Sungai Poso tak kurang dari 165 orang. Bukan sekedar lelaki dewasa, banyak juga yang wanita, orangtua, serta anak-anak. Umumnya mayat wanita dikumpulkan dengan anak-anak. Ada yang cukup diikat, ada juga yang dimasukkan karung, kata Syahrul. Beberapa besar mayat telah rusak akibat siksaan.

Menurut Ilham, sebelumnya terserang, warga pesantren diteror oleh Pasukan Merah ini. Komplek Pesantren Walisongo kerap dipanah. Sampai sekarang ini sisa panah itu masihlah tampak terang.

Pembantainya sangatlah terang. Mereka yaitu beberapa orang Kristen yang di kenal sebagai Pasukan Kelalawar Hitam. Dalam aksinya mereka kenakan pakaian serba hitam. Salib di dada serta ikat kepala merah. Karenanya juga mereka kerap dimaksud sebagai Pasukan Merah. Pembataian itu puncak dari jalinan ummat Islam serta Kristen yang kurang serasi di kawasan itu. Terdaftar sekitaran 200 - 400-an orang yang tewas terbantai.

Dalam laporannya, pihak gereja lewat 'Crisis Center GKST untuk Kerusuhan Poso' mengaku dikalangan mereka ada kelompok terlatih yang kenakan pakaian ala ninja ini. Mereka menyebutnya sebagai 'Pejuang Pemulihan Keamanan Poso'.

Ada tanda-tanda yang sama saat grup merah menyerang. Mereka senantiasa kenakan pakaian ala ninja yang serba hitam, semuanya tertutup terkecuali mata. Mereka juga kenakan atribut salib di dada serta ikat kepala merah. Mayat-mayat juga diketemukan senantiasa dalam keadaan rusak akibat siksaan atau berniat dicincang sampai tak di kenal jati dirinya. Dalam beragam penyerangan pasukan merah senantiasa diatas angin. Karenanya beberapa besar korbannya yaitu beberapa orang muslim.

Korban Disiksa Sebelumnya Di Bunuh
Terkecuali di Pesantren Walisongo penyerangan serta pembantaian juga dikerjakan di beberapa tempat. Terdaftar 16 desa yang penduduknya sebagian besar Muslim kampungnya hancur serta terbakar. Dari arah selatan Poso, rusaknya sampai meraih Tentena. Dari arah Timur sampai Malei. Dari arah barat sampai Tamborana.

Temuan Komite Penanggulangan Krisis (Kompak) Ujungpandang yang lakukan investigasi di Poso tunjukkan ada keterlibatan gereja dalam sebagian kerusuhan. Buktinya Sebelumnya mereka lakukan penyerangan, mereka terima pemberkatan dari gereja, kata Agus Dwikarna, ketua Kompak Ujungpandang.

Umpamanya pemberkatan yang dikerjakan Pendeta Leniy di gereja Silanca (8/6/00) serta Pendeta Rinaldy Damanik di halaman Puskesmas depan Gereja Sinode Tentena. Terkecuali pada pasukan Kelelawar Hitam, pemberkatan juga diberikan pada beberapa perusuh. Pemberkatan ini memberi semangat serta kebencian yang tinggi orang-orang Kristen pada ummat Islam.

Pendeta Rinaldy Damanik
Yang menarik menurut Agus, walau mereka mengaku sudah membumi hanguskan semua perkampungan ummat Islam serta membantai orang-orangnya, Pendeta R Damanik serta Advent Lateka menyampaikan ummat Islam sebagai provokator.

Saat ini kabupaten yang di kenal sebagai penghasil kakau paling besar ini hampir seperti kota mati lantaran ditinggal penduduknya mengungsi, bangunan yang ditinggalkan cuma tersisa puing-puing yang beserakan.

Penyerangan pada ummat Islam yang berjalan mulai sejak tanggal 23 Mei lantas, adalah pertikaian ketiga pada Islam Kristen di Poso. Pertikaian pertama berjalan pada Desember 1998. Enam belas bln. lalu, 15 April 2000 pertikaian meledak lagi, yang dipicu perkelaian pemuda Kelurahan Kamayanya (muslim) dengan Lambogia (Kristen).

Dalam penyerangan kesempatan ini grup merah yang berhimpun dalam pasukan Kelelawar Hitam di pimpin oleh Cornelis Tibo asal Flores menyerang kampung Muslim Kayamanya. Mereka memukul-mukul tiang listrik sampai memancing kemarahan ummat Islam. Setelah itu mereka mengaiaya ummat Islam di situ serta membunuh Serma Komarudin.

Ummat Islam yang geram mengejar Pasukan Kelelawar Hitam yang lari ke Gereja Katolik Maengkolama. Lantaran bersembunyi di gereja itu ummat Islam yang geram membakar gereja yang jadikan tempat persembunyian itu.

Satu diantara yang dikira jadi penyebabnya pertikaian yaitu perseteruan politik lokal. Perebutan jabatan Bupati Poso pada Desember 1998 adalah satu diantaranya. Herman Parino, tokoh Kristen, tidak berhasil merebut jabatan. Tetapi Herman Parino serta beberapa pendukungnya menuduh Arif Patangga, bupati yang akan digantikannya, muslim, merekayasa tidak berhasilnya Parino.

Cornelis Tibo, Dkk, Pemimpin Kelelawar Hitam
Lantaran kesal, Parino menggalang massa untuk menyerang tempat tinggal Patangga. Tetapi gagasan itu telah tercium terlebih dulu, beberapa pendukung Patangga tak diam serta bersiap menyongsong. Bentrokan tak terelakkan lagi. Dua hari lalu giliran pendukung Patangga menyerang tempat tinggal Parino di desa Tentena. Dalam kerusahan itu polisi segera menangkap tokoh dari ke-2 iris pilah, Herman Parino serta Agfar Patangga, adik kandung Arif Patangga yang dikira memprovokasi massa.

Kelihatannya penangkapan Herman Parino yang disebut tokoh Kristen yang dihormati bikin pendukungnya kecewa. Terlebih Herman lalu dijatuhi hukuman, walau Agfar juga dijatuhi hukuman oleh pengadilan negeri Poso. Masalah berikut sebagai api dalam sekam. Jadi saat berlangsung perkelaian pemuda Islam serta Kristen yang mabuk pada pertengahan April 2000 lantas, kerusuhan juga tidak bisa terhindarkan.

Herman Parino, Tokoh Kristen
Dipicu kerusuhan pada bln. April, tanggal 23 Mei 2000 pasukan merah lakukan penyerangan ke sebagian perkampungan muslim. Pertikaian bukan sekedar hanya beberapa pendukung Herman Parino serta Arif Patangga. Perkampungan Muslim yang tak ada hubungannya dengan kerusuhan terlebih dulu turut dihancurkan, warganya dibantai, perempuannya diperkosa.

Terkecuali perseteruan lokal, sumber intelejen menyebutkan kalau kerusuhan di Poso juga berkaitan dengan tokoh-tokoh di Jakarta. Satu diantara kemampuan yang bermain itu yaitu grup Soeharto. Tanda-tandanya bila sistem hukum Soeharto bertambah, tingkat kerusuhan bertambah. Temuan di lapangan tunjukkan keterlibatan sekitaran 70-an purnawirawan TNI dalam melatih pasukan merah. Oleh karena itu pasukan merah begitu mahir dalam memakai beragam senjata api ataupun tangan kosong.

Pihak intelejen mengatakan, grup yang mempunyai urusan pada kerusuhan di Poso ini dapat di dukung sumber dana yang kuat. Masalah mengedarnya milyaran duit palsu serta hilangnya dua container kertas duit yang sampai saat ini belum diketemukan juga begitu berkaitan dengan berlangsungnya kerusuhan di Poso ini.

Senjata Yang Dipakai Untuk Membantai
Info sumber intelejen itu juga dibenarkan oleh Wakapolda Sulawesi Tengah, Kolonel Zaenal Abidin Ishak, yang menyebutkan keterlibatan 15 anggota Polres Poso serta enam anggota TNI AD dalam kerusuhan itu. Mereka saat ini tengah ditahan untuk kontrol selanjutnya.

Agus Dwikarna tak yakin kalau kerusuhan di Poso cuma masalah tidak berhasilnya Herman Parino jadi bupati. Bila cuma lantaran perebutan kursi bupati mengapa ummat Islam yang dibantai, bertanya Agus. Ia meyakini ada usaha melenyapkan ummat Islam dari bumi Poso.

Apa pun penyebabnya, kerusuhan Poso mengakibatkan trauma yang mendalam di kelompok beberapa orang Muslim di Poso. Mulai sejak kerusuhan itu beberapa ribu ummat Islam jadi pengungsi di negerinya sendiri. (dm)

Sabtu, 07 Mei 2016

Dua lautan mengalir bertemu antara keduanya ada batas dan tidak bercampur

“Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu. Antara keduanya ada
batas yang tidak dilampaui masingmasing.” (Q.S. ArRahman:1920)

Inilah foto tersebut, yang memperlihatkan aliran dua lautan yang tidak pernah bercampur, seolaholah
ada sekat atau dinding yang memisahkannya.

Ayat lain yang menceritakan fenomena yang sama terdapat pada Surat AlFurqan
ayat 53 yang berbunyi: “Dan Dialah yang membiarkan dua laut yang mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi.” (Q.S. AlFurqaan: 53)

Dua lautan yang tidak bercampur itu terletak di Selat Gibraltar, selat yang memisahkan benua Afrika
dan Eropa, tepatnya antara negara Maroko dan Spanyol.

Jumat, 22 April 2016

Sucikah Pakaian yang Dicuci dengan Mesin? Analisis kritis dan Komprehensif

Banyak sekali orang yang bertanya apakah hasil cucian di mesin cuci bisa membersihkan hukum najis? Pelaku usaha laundry dan rumah tangga harus memperhatikan unsur kesucian pakaian di samping unsur bersih secara kasat mata. 

Najis dalam pengertian  fiqh islam merupakan kotoran yang hanya bisa dibersihkan dengan cara-cara tertentu sesuai cara-cara fiqh pula. Misalnya air kencing, kotoran, darah dan babi, masing-masing ada cara tersendiri untuk mensucikannya.  


Najis tidak sama dengan istilah kotor. Jika sekedar kotor tidak ada konsekuensi hukum najis didalamnya. Seperti lumpur, pasir, tanah yang tidak tercampur barang najis. Meski lumpur terlihat kotor, itu hukumnya tidak najis. 

Hal yang sama, istilah bersih beda dengan istilah suci. Bersih hanya ukuran bersih tidak kotor secara kasat mata. Secara kasat mata, daging babi jika dikemas plastik secara rapi itu termasuk bersih. Tetapi hukum najis tetap melakat tidak akan hilang. 

Hukum najis ada konsekuensi hukum. Misalnya, air kencing jika mengenai pakaian. Jika pakaian tersebut belum dibersihkan, hukumnya tetap najis dan seseorang tidak boleh menggunakannya untuk shalat. 

Berbeda dengan jika  terkena kotor lumpur.  Meskipun lumpur mengenai pakaian lalu digunakan shalat, secara hukum itu masih sah. Meskipun tentu jika lumpurnya banyak itu termasuk kurang sopan dalam beribadah. 


Kembali pada hasil cucian pakaian di mesin cuci apakah secara hukum suci atau tidak? Saya ingin menjelaskan dengan beberapa pemarparan. 

Pertama, jika menggunakan mesin dua tabung yang cara kerjanya masih manual, itu tergantung operatornya. Kalau dia membersihkan pakaian terkena najis mislnya dengan tiga kali pemberian air seperti mensucikan benda-benda najis secara manuala, tentu saja hasilnya akan menjadi suci kembali.

Tetapi sebaliknya, kalau cuma kucek, lalu dikeringkan, rasanya hukum najis masih tetap melakat.  (jenis-jenis najis dan cara mensucikannya diterangkan dalam tulisan lain) 

Kedua, mencuci dalam mesin cuci otomatis baik top loading maupun frot loading. Hemat penulis, cara kerja mesin cuci otomatis cukup baik  bahkan bisa mensucikan secara hukum. 

Hal ini karena operasional mesin cuci sangat unik. Semua jenis program baik yang lambat maupun yang cepat, minimal membilas dengan air serta memersnya masing-masing tiga kali bahkan 4 kali. 
Ini mengingatkan pada salah satu cara mencuci najis sedang (mutawasitoh) seperti air kencing, cukup membersihkannya dengan guyuran air secukupnya tiga kali.

Coba lihat kinerja mesin cuci otomatis. Tahap pertama memasukkan air dan detergen lalu dibilas. Kemudian air dibuang otomatis lalu diperas dengan putaran tinggi. Hal itu diulang secara otomatis masing-masing hingga 3 kali bahkan lebih. Bagi saya proses demikian sama halnya dengan mencuci najis secara manualm yang harus diguyur tiga lali dengan air. 

Namun demikian, saran penulsi, untuk  membersihkan nasjis di pakaian yang memang sangat kentara seperti bekas kencing bayi, mestinya  diguyur dulu hingga tidak nampak kotoran sebelum masuk mesin cuci. 
Sehingga setiap pakaian yang masuk mesin cuci, hanya berstatus kotor fisik saja, tidak kotor dalam arti najis yang secara hukum membersihkannya memerlukan cara-cara tertentu

Rabu, 30 Maret 2016

Kepribadian Kepala Kelurga yang Menjamin Syurga dunia dan Akhirat

Beliau mempunyai sifat-sifat yang Arif dan Bijaksana. Sifat-sifat baiknya itu ditunjukkan pada semua umat manusia, baik pada kalangan keluarga, sahabat maupun semua penduduk disekitar. Dalam lingkungan keluarga, Nabi mendapat rahmat yang diperuntukkan bagi keluarganya.
Dalam keluarganya beliau berperan sebagai seorang ayah, suami dan pemimpin rumah tangga. Beliau sangat kerap membantu istrinya dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Dalam buku Insan kamil karangan Dr. Sayyid Muhammad Alwy al-Maliky, disebutkan bahwa Al-‘Aswad datang bertanya kepada Aisyah apakah yang dikerjakan Nabi SAW bila ada dirumah? Aisyah menjawab: “Ia membantu istrinya, hingga apabila datang waktu shalat, maka ditinggalkannya apa yang dikerjakan. Beliau bukan orang yang congkak. Bahkan beliau mengerjakan sendiri apa yang diperlukan. Imam Ahmad dalam Musnad dari Aisyah berkata, “bahkan Nabi SAW menjahit baju dan memperbaiki sandalnya sendiri. Bekerja seperti halnya orang lain mengerjakannya”.
Nabi Muhammad SAW mempersonifikasikan peran dari ayah dan suami yang sempurna. Dia sangat baik dan toleran terhadap istri-istrinya sehingga mereka tak bisa membayangkan hidup tanpa dirinya, dan mereka tidak ingin jauh darinya.
Rasulullah adalah kepala keluarga yang sempurna. Menangani banyak wanita dengan tenang, menjadi kekasih hati mereka, pembimbing pikiran mereka, pendidik jiwa mereka dan sekaligus tidak lupa dengan persoalan umatnya atau mengabaikan tugasnya. Rasulullah sangat unggul dalam segala aspek kehidupannya.
Beliau adalah suami yang luar biasa, ayah yang sempurna, dan kakek yang istimewa dalam banyak hal. Beliau memperlakukan anak cucunya dengan kasih saying yang besar, dan tidak pernah lupa untuk membimbing mereka menuju akhirat dan mengajak mereka beramal baik. Beliau tersenyum pada mereka, merawat dan mencintai mereka. Dalam persoalan duniawi beliau sangat terbuka, tapi jika berhubungan dengan Allah, Beliau sangat serius dan bermartabat.
Beliau menunjukan kepada mereka bagaimana menjalani hidup secara manusiawi dan tidak membiarkan mereka mengabaikan kewajiban agama dan menjadi manja. Tujuan utamanya adalah mempersiapkan mereka untuk hari kemudian. Keseimbangannya yang sempurna dalam soal itu adalah dimensi lain dari inteleknya yang diilhami oleh Ilahi.
Dalam sebuah Hadits yang disampaikan oleh Muslim, Anas ibn Malik, yang menjadi pelayan Rasulullah selama 10 tahun, mengatakan:” aku tidak pernah melihat seorang pria yang lebih sayang kepada anggota keluarganya selain Muhammad SAW”.
Nabi dikaruniai banyak istri bukan semata-mata karena hawa nafsu, tapi karena untuk memberi nafkah secara terhormat kepada wanita dan janda yang tiada daya. Pernikahan ini tidak ada hubungannya dengan pemuasan diri, keinginan pribadi atau nafsu. Ini semua sama sekali bukan perbuatan bersenang-senang, tetapi tindakan disiplin diri.
SISTEM PEMBINAAN RUMAH TANGGA RASULULLAH
Kebiasaan rasul pada waktu pagi adalah mengunjungi istri-istrinya untuk memberikan petuah dan menanamkan ajaran agama. Sedangkan waktu untuk mengobrol atau bercumbu, beliau biasa melakukannya pada malam hari. Kalau sedang berada di rumah, beliau sering membantu istrinya. Tentang sifatnya di rumah, ‘Aisyah mengomentari: “Beliau tidak pernah memukul siapa pun, baik itu istri-istrinya maupun pembantunya”. Ketika diajukan pertanyaan apa saja yang dilakukannya di rumah, ‘Aisyah menjelaskan: “ Beliau selalu siap membantu istrinya. Jika tiba waktu shalat, beliau langsung beranjak untuk menunaikan shalat tersebut. Rasul sering menjahit sendiri pakaiannya yang sobek atau sandalnya, mengisi ember, memeras susu kambing, dan melayani dirinya sendiri bila mau makan. Pekerjaan sampingan tersebut dilakukannya pada waktu-waktu tertentu, terkadang dikerjakannya sendiri atau bersama istrinya, meskipun dia punya pembantu.” Selain itu, Rasulullah juga ternyata sering bercanda dengan istrinya, terutama dengan ‘Aisyah.
Adapun mengenai keadilan terhadap istri-istrinya, hal itu tampak sekali dalam beberapa kejadian. Misalnya, apabila rasul akan bepergian (yang tidak mungkin dilakukan dengan semua istri-istrinya), beliau mengundi mereka. Tak pernah sekalipun beliau menentukan langsung atau memilih salah seorang diantara mereka. Keadilan rasul juga tampak dalam hal menggilir istri-istri. Riwayat yang bersumber dari ‘Aisyah menyebutkan bahwa beliau tidak pernah mengistimewakan sebagian mereka dalam hal giliran. Selain itu, beliau juga selalu adil dalam pemberian nafkah dan membagi cinta kasihnya pada para istri.
Rasulullah memang merupakan profil seorang suami dengan sifat-sifatnya yang utama, penuh keteladanan, berwibawa, dan sangat santun. Tetapi itu bukan berarti dalam rumahtangga nabi sama sekali tidak pernah terjadi konflik. Rumah tangga nabi, sebagaimana rumah tangga yang lain, sering diwarnai gejolak konflik, seperti kemarahan salah satu pihak atau kecemburuan. Abu Dawud dan An-Nasa’i meriwayatkan bahwasanya ‘Aisyah becerita: “Aku belum pernah menemukan orang yang pandai memasak (untuk nabi, dan disuruhnya seseorang untuk mengantarkannya pada beliau ) kecuali Shafiah, padahal nabi sedang gilirannya di rumahku. Darahku naik bagaikan memenuhi rongga dadaku sampai terasa sesak dan tubuhku gemetar. Akibat perasaan cemburu yang tak terkendalikan itu, maka segera kubanting mangkoknya yang berisi makanan itu.” Menanggapi kecemburuan ‘Aisyah itu, nabi dengan sangat bijak hanya berkata dengan tenang: “Piring harus diganti piring, makanan harus diganti makanan”.
‘Aisyah memang sangat pencemburu, terutama dengan Khadijah yang selalu disanjung nabi. ‘Aisyah bercerita: “Pernah suatu kali nabi menjanjung Khadijah di depanku. Maka meledaklah lahar cemburu dalam hatiku. Lalu akau mengatakan kepadanya: Bukankah dia hanya seorang perempuan tua bangka tak bergairah? Kelebihan apakah yang dimiliki perempuan itu? Padahal Allah telah meberikan gantinya untukmu yang lebih dalam segala-galanya dibanding dia? Mendengar ucapanku, Rasul marah tak terkira, sampai anak rambut di bagian dahinya meremang lantaran kemarahan yang luar biasa itu. Kemudian beliau berkata: Tidak!! Demi Allah tidak! Allah tidak pernah menggantikannya dengan seorang perempuan lain yang lebih baik dari Khadijah. (Tahukah kau) dia beriman kepadaku tatkala orang lain menentang risalahku.” (HR. Ibnu Atsir).
Sebagaimana diriwayatkan dalam Shahih Bukhari dan Muslim, konflik yang sangat besar terjadi ketika para istri nabi mengelompokkan diri menjadi dua kubu yang saling bermusuhan satu sama lain. Kelompok pertama ialah ‘Aisyah beserta sekutunya, yaitu Hafsah, Shafiyah, dan Saudah. Sedangkan kelompok yang kedua dipimpin oleh Ummu Salamah dengan para anggota: Zainab, Ummu Habibah, dan Juwairiyah. Dua kelompok ini timbul karena api cemburu dan berbagai latar belakang lainnya. Terhadap hal ini, nabi pun menyikapinya dengan sangat bijak dan sabar hingga akhirnya dua kubu tersebut dapat diperdamaikan.
Begitulah, dalam membina rumah tangganya, fungsi seorang suami sebagai pemimpin rumah tangga sangat nyata dipraktekkan oleh rasul. Beliau selalu mendengar aspirasi para istrinya, tetapi pengambilan keputusan tertinggi dan kewenangan mengatur rumah tangga tetap ada padanya. Acap kali istri-istri beliau mempergunakan kebebasan dalam berbicara, sedangkan beliau mendengarkan, menjawab, dan menyampaikan pendidikan. Sebagai seorang pemimpin rumah tangga, rasul selalu berusaha membimbing dan mengarahkan seluruh anggota keluarganya untuk bertakwa kepada Allah. Inilah mengapa rumah tangga rasul, meskipun sering terjadi konflik intern, tetap utuh dan stabil. Pemandangan ini sangat kontras perbedaannya dengan apa yang terjadi dewasa ini sebagai akibat arus feminisme ajaran barat, dimana fungsi kepemimpinan suami sudah tidak ada lagi dalam rumah tangga. Akibat hilangnya fungsi kepemimpinan suami itu, maka dalam rumah tangga tidak ada lagi pihak yang punya kewenangan untuk mengambil keputusan tertinggi. Rumah tangga pun menjadi sangat tidak stabil dan konflik yang terjadi seringkali berakhir perceraian.
Bagaimanapun, keluarga adalah sebuah organisasi kecil yang mau tidak mau, pasti akan butuh adanya pemimpin. Ini bukan persoalan bias gender atau tradisi patriarkhi, tetapi kenyataan watak kebutuhan dari sebuah organisasi bernama keluarga yang tak mungkin bisa kita pungkiri. Oleh karena itu, sangat tepat sekali ajaran Islam yang mengajarkan dan menetapkan bahwa suami berfungsi sebagai pemimpin rumah tangga. Hanya saja, dalam hal menjalankan fungsi kepemimpinannya, seorang suami harus mampu bersikap bijak dan adil, sebagaimana yang tampak dalam pribadi rasul. Suami juga tidak boleh menindas istrinya, membuatnya tertekan, apalagi sampai menyakitinya secara fisik.
Apabila kita mampu menerapkan prinsip-prinsip pembinaan rumah tangga nabi dalam kehidupan rumah tangga modern, maka maraknya persoalan pertikaian dan perceraian dalam kehidupan berkeluarga akan dapat teratasi Abu Ya’la meriwayatkan dari Aisyah. Ia pernah berkata “Aku mendatangi Rasulullah sambil membawa tepung yang sudah kumasak, lalu aku berkata kepada Saudah, dan beliau berada diantara diriku dan Saudah. ‘Makanlah’, namun Saudah enggan. Maka aku berkata lagi, ‘Kamu makan atau harus aku polesi wajahmu dengan tepung ini!’, Saudah tetap enggan. Tidak mau makan. Maka kuletakkan tangunku didalam tepung dan kupolesi wajah saudah dengannya, Rasulullah tertawa melihat tingkah kami berdua. Beliau meletakkan tangannya didalam tepung seraya berkata, ‘Ayo polesi wajah Aisyah!’, sambil tertawa kepada Saudah.”
Sudah kita ketahui bahwa Nabi Muhammad SAW adalah seorang yang sempurna. Beliau mempunyai sifat-sifat yang bisa dijadikan panutan bagi semua umat manusia. Sifat-sifat baiknya itu ditunjukkan pada semua umat manusia, baik pada kalangan keluarga, sahabat maupun semua penduduk disekitar. Dalam lingkungan keluarga, Nabi mendapat rahmat yang diperuntukkan bagi keluarganya.
Dalam keluarganya beliau berperan sebagai seorang ayah, suami dan pemimpin rumah tangga. Beliau sangat kerap membantu istrinya dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Beliau bukan orang yang congkak. Bahkan beliau mengerjakan sendiri apa yang diperlukan. Imam Ahmad dalam Musnad dari Aisyah, bahkan Nabi SAW menjahit baju dan memperbaiki sandalnya sendiri. Bekerja seperti halnya orang lain mengerjakannya.
Beliau adalah suami yang luar biasa, ayah yang sempurna, dan kakek yang istimewa dalam banyak hal. Beliau memperlakukan anak cucunya denagn kasih sayang yang besar, dan tidak pernah lupa untuk membimbing mereka menuju akhirat dan mengajak mereka beramal baik. Beliau tersenyum pada mereka, merawat dan mencintai mereka. Dalam persoalan duniawi beliau sangat terbuka, tapi jika berhubungan dengan Allah, beliau sangat serius dan bermartabat.
SUMBER
Alwy al-Maliky, Sayyid Muhammad, Insan Kamil, Surabaya: Bina Ilmu, 1999.
Gulen, M. Fetullah, Kehidupan Rasulallah Muhammad SAW, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.
Khan, Saniyasnain dan Muhammad Iqbal, Kisah-kisah Teladan Nabi Muhammad SAW, Jakarta: Intimedia & Ladang Pustaka

Pangan, Papan dan Sandang isteri dipundak suami; hati-hati

"Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka." (QS. An-Nisa’ : 34)
Meskipun seorang istri harus senantiasa mematuhi dan membahagiakan suami -tugas yang terkesan berat- akan tetapi sebenarnya suami memiliki kewajiban yang luar biasa besar terhadap istrinya, inilah yang membuat suami memiliki hak penuh terhadap sang istri.
Hal-hal yang lazim dikatakan sebagai tugas keseharian istri, dalam Islam sesungguhnya itu adalah kewajiban suami untuk memenuhinya. Semisal berbelanja di pasar, menyediakan makanan, mencuci, berberes rumah, dll.
Bukan berarti istri tidak boleh melakukan, akan tetapi hal tersebut bukanlah kewajiban istri, dengan demikian... Suami semestinya jauh lebih menyayangi istri yang melakukan pekerjaan-pekerjaan yang seharusnya menjadi kewajiban suami tersebut.
Sayangnya, kita sering menemukan hal aneh dalam banyak rumah tangga. Misalnya saja, suami menyerahkan gajinya kepada istri setiap bulannya, setelah itu semua kewajiban suami harus dibayarkan istri dari uang gaji tersebut.
Kalau masih ada sisanya, tetap saja itu bukan lantas jadi hak istri. Dan yang paling celaka, kalau kurang, istri yang harus berpikir tujuh keliling untuk mengatasinya. Bukankah ini sangat memberatkan istri?
Dalam Islam, suami lah yang memiliki kewajiban untuk menafkahkan istri bahkan ada yang mengatakan sampai pada level menyuapi makanan ke mulut istri.
Lebih lengkapnya, mari kita simak langsung pendapat 5 Mazhab Fiqih tentang hal ini:
Ternyata 4 mazhab besar plus satu mazhab lagi yaitu mazhab Dzahihiri semua sepakat mengatakan bahwa para istri pada hakikatnya tidak punya kewajiban untuk berkhidmat kepada suaminya.
1. Mazhab al-Hanafi
Al-Imam Al-Kasani dalam kitab Al-Badai’ menyebutkan : Seandainya suami pulang bawa bahan pangan yang masih harus dimasak dan diolah, lalu istrinya enggan untuk memasak dan mengolahnya, maka istri tidak boleh dipaksa. Suaminya diperintahkan untuk pulang membaca makanan yang siap santap.
Di dalam kitab Al-Fatawa Al-Hindiyah fi Fiqhil Hanafiyah disebutkan : Seandainya seorang istri berkata,”Saya tidak mau masak dan membuat roti”, maka istri itu tidak boleh dipaksa untuk melakukannya. Dan suami harus memberinya makanan siap santan, atau menyediakan pembantu untuk memasak makanan.
2. Mazhab Maliki
Di dalam kitab Asy-syarhul Kabir oleh Ad-Dardir, ada disebutkan : wajib atas suami berkhidmat (melayani) istrinya. Meski suami memiliki keluasan rejeki sementara istrinya punya kemampuan untuk berkhidmat, namun tetap kewajiban istri bukan berkhidmat. Suami adalah pihak yang wajib berkhidmat. Maka wajib atas suami untuk menyediakan pembantu buat istrinya.
3. Mazhab As-Syafi’i
Di dalam kitab Al-Majmu’ Syarah Al-Muhadzdzab karya Abu Ishaq Asy-Syirazi rahimahullah, ada disebutkan : Tidak wajib atas istri berkhidmat untuk membuat roti, memasak, mencuci dan bentuk khidmat lainnya, karena yang ditetapkan (dalam pernikahan) adalah kewajiban untuk memberi pelayanan seksual (istimta’), sedangkan pelayanan lainnya tidak termasuk kewajiban.
4. Mazhab Hanabilah
Seorang istri tidak diwajibkan untuk berkhidmat kepada suaminya, baik berupa mengadoni bahan makanan, membuat roti, memasak, dan yang sejenisnya, termasuk menyapu rumah, menimba air di sumur. Ini merupakan nash Imam Ahmad rahimahullah. Karena aqadnya hanya kewajiban pelayanan seksual. Maka pelayanan dalam bentuk lain tidak wajib dilakukan oleh istri, seperti memberi minum kuda atau memanen tanamannya.
5. Mazhab Az-Zhahiri
Dalam mazhab yang dipelopori oleh Daud Adz-Dzahiri ini, kita juga menemukan pendapat para ulamanya yang tegas menyatakan bahwa tidak ada kewajiban bagi istri untuk mengadoni, membuat roti, memasak dan khidmat lain yang sejenisnya, walau pun suaminya anak khalifah.
Suaminya itu tetap wajib menyediakan orang yang bisa menyiapkan bagi istrinya makanan dan minuman yang siap santap, baik untuk makan pagi maupun makan malam. Serta wajib menyediakan pelayan (pembantu) yang bekerja menyapu dan menyiapkan tempat tidur.
Pendapat Yang Berbeda
Namun kalau kita membaca kitab Fiqih Kontemporer Dr. Yusuf Al-Qaradawi, beliau agak kurang setuju dengan pendapat jumhur ulama ini. Beliau cenderung tetap mengatakan bahwa wanita wajib berkhidmat di luar urusan seks kepada suaminya.
Dalam pandangan beliau, wanita wajib memasak, menyapu, mengepel dan membersihkan rumah. Karena semua itu adalah imbal balik dari nafkah yang diberikan suami kepada mereka.
Namun satu hal yang jangan dilupakan, beliau tetap mewajibkan suami memberi nafkah kepada istrinya, di luar urusan kepentingan rumah tangga. Artinya, istri mendapat 'upah' materi di luar uang nafkah kebutuhan bulanan.
Jadi para istri harus digaji dengan nilai yang pasti oleh suaminya. Karena Allah SWT berfirman bahwa suami itu memberi nafkah kepada istrinya. Dan memberi nafkah itu artinya bukan sekedar membiayai keperluan rumah tangga, tapi lebih dari itu, para suami harus ‘menggaji’ para istri. Dan uang gaji itu harus di luar semua biaya kebutuhan rumah tangga.
Demikianlah betapa Islam meninggikan wanita dalam rumah tangga, dan dengan demikian menjadi masuk akal ketika wanita dilaknat akibat tidak memenuhi hasrat biologis suaminya, saking begitu besarnya kewajiban suami dalam menafkahi istri.